oleh

Terkait Pernyataan Anggota Dewan, Bupati James Sumendap Sebut Royke Pelleng Masih Banyak Belajar Lagi di DPRD

Bupati Mitra James Sumendap SH.MH

MITRA, Bunaken.co.id– Bupati James Sumendap SH.MH memberikan tanggapan keras terkait pernyataan anggota DPRD Mitra dari Partai Nasdem Royke Pelleng mempertayakan tiga poin yakni ekploitasi kebun raya Megawati di Ratatotok, penarikan tenaga guru ASN dari sekolah swasta serta pemberian bantuan di gereja , pada Paripurna DPRD pada Jumat 4 Agustus 2023 kemarin.

Bupati James Sumendap dalam video rilisnya yang viral dibagikan netizen di media sosial (Medsos) menyebut, bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara tidak pernah membiarkan siapa saja melakukan perusakan hutan di kebun raya Megawati Soekarno Putri di Ratatotok. 

“Anda tau? atau anda lupa! bahwa ada salah satu anggota dewan yang juga sekretaris dewan pengurus Partai Nasdem sudah melakukan pengrusakan di kebun raya Megawati Soekarno Putri masih menjalani hukuman tetap yang diputuskan pengadilan lewat dakwaan jaksa yang juga melalui proses penyidikan dan penyelidikan pihak kepolisian,” tegas Bupati.

Sumendap pun menyentil ketua umum (Ketum) Nasdem, Surya Paloh yang mungkin tidak tahu ada anggota partainya yang sedang menjalani hukuman tetap. Kemudian, terkait dengan penarikan guru dari sekolah swasta, lagi tegas Sumendap, pihaknya sudah melakukan sesuai prosedur karena mengikuti surat edaran dari Kementerian Pendidikan. Dimana pemerintah daerah, termasuk Pemkab Mitra menarik guru ASN dari sekolah-sekolah swasta.

“Surat Kementerian Pendidikan memberikan instruksi semua sekolah swasta yang ada ASN ditarik. Karena itu pembebanan APBD dan juga pembebanan APBN. Dan sekolah swasta itu harus mandiri. Khususnya di GMiM saya sudah sampaikan kepada Sinode GMIM, buat sekolah unggulan, agar dikemudian hari kita bisa mempunyai kwalitas dan kemampuan yang mumpuni, karena Pemkab Mitra berkomitmen dan terus membantu terkait pendidikan di Mitra,” jelas Sumendap.

Dilanjutkannya, terkait bantuan Greja, Sumendap pun membantah tudingan Peleng dan mengatakan dirinya sudah merealisasikan bantuan tersebut. Justru semua bantuan diputuskan dalam APBD yang sebut Sumendap diketahui oleh Peleng sendiri.

“Dimana saya tidak merealisasikan bantuan gereja. Justru semua diputuskan dalam APBD termasuk diketahui Peleng sendiri. Dan dia juga yang menyetujui APBD itu sendiri. Bisa aja proposal itu tidak masuk. Namun itu bukan kewenangan saya,” tuturnya. Sembari menyampaikan Royke Pelleng harus banyak belajar lagi duduk di DPRD. (stenly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed