oleh

Selamatkan Ekosistem Danau Tondano. ROR Presentasikan Kondisi Sebenarnya

Minahasa. Bunaken.co.id.- Bupati Minahasa Royke Roring didampingi kadis Lingkungan Hidup Alva Montong, menghadiri Konferensi Danau Se-Dunia, Indonesia-Japan Workshop on Sustainable Lake Management in The 17th World Lake Conference (WLC17) di Ibaraki, Jepang.

1

Pertemuan yang membahas terkait penyelamatan ekosistem 15 Danau di Indonesia, termasuk Danau Tondano, dibahas secara serius dalam workshop yang diikuti Nigeria, Mexico dan India.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring Msi bersama sejumlah kepala daerah se-Indonesia ikut berpartisipasi menyumbang ide dan gagasan dalam rangka penyelamatan ekosistem danau.

Bupati menyebut, ada empat poin penting yang dibahas dalam pertemuan hari yakni meliputi situasi dan kondisi danau-danau di Indonesia, permasalahan yang terjadi, roadmap serta program penyelamatan danau.

Bupati Minahasa juga diberikan kesempatan untuk mempresentasikan kondisi Danau Tondano yang sebenarnya.

“Pada intinya rata-rata permasalahan pengelolaan danau yang disampaikan semuanya sama, yaitu mencakup persoalan batas danau, kepedulian masyarakat yang bermukim di sekitar danau serta ada juga permasalahan kelebihan penggunaan pupuk untuk pertanian yang terbawa arus sungai menuju danau. Nah itulah yang kita bahas untuk dirumuskan dan dicarikan solusinya supaya ekosistem danau dapat terus dilestarikan,”kata Roring.

Bupati mengatakan, semua hal yang didapatkan dalam konferensi ini nantinya akan diterapkan Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk mempertahankan kelangsungan Danau Tondano.

“Semua hal yang bisa memberikan manfaat serta dampak positif bagi pelestarian danau Tondano akan kita lakukan, sebab danau ini adalah ikon daerah kita yang memiliki potensi yang sangat besar baik dari sisi pariwisata tetapi juga ekonomi masyarakat nelayan maupun pengusaha perikanan air tawar,”ungkap Bupati.

Seperti diketahui, rangkaian kunjungan Bupati dan para kepala daerah lainnya di Jepang, juga sempat melakukan kunjungan lapangan ke Danau Kasamigaura Ibaraki Jepang. (Onike)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed