oleh

Pilkada Minut 2020: Lagi, Tiga Partai Deklarasi, Joune Ganda-Kevin Lotulong Makin Pasti

JG-KWL

Airmadidi, Manadonews.co.id – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) makin dinamis dan berproses secara demokrasi terbuka, khususnya soal legitimasi dukungan kepada pasangan calon (Paslon) oleh partai politik (Parpol) yang akan berkontestasi nanti pada Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Adalah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minut, Joune Ganda-Kevin Wiliam Lotulung (JG-KWL) terus menuai dukungan Parpol untuk bertarung di Pilkada Minut mendatang.

Menindaklanjuti SK dukungan dari
DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Perindo dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), ketiga pimpinan Parpol tersebut, melaksanakan deklarasi dan pernyataan sikap bersama dukungan kepada Paslon JG-KWL di JG Centre Minut, Sabtu (15/8/2020).

Deklarasi bersama dihadiri langsung JG-KWL, para ketua DPC dan pengurus inti ketiga partai itu dan ketua DPC PDI Perjuangan Minut, Denny Lolong, serta para tim pemenangan JG-KWL.

JG-KWL

Dalam kesempatan itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Minut, Denny Lolong, menegaskan bergabungnya tiga partai untuk mendukung dan memenangkan paslon JG-KWL pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, satu bukti nyata PDI Perjuangan adalah partai terbuka dan pemersatu dalam setiap agenda politik khususunya Pilkada Minut.

“Atas nama Joune-Kevin dan ketua DPD PDI Perjuangan Sulut, saya mengapresiasi dan berterima kasih atas pernyataan sikap ketiga partai pada hari ini sebagai tindak lanjut terbitnya SK DPP masing-masing untuk mendukung JG-KWL,” ujar Denny Lolong sambil menegaskan dukungan tiga partai ini akan semakin membuka jalan seluas-luasnya untuk memenangkan Pilkada Minut 9 Desember 2020 mendatang.

Sementara itu, Ketua DPC Perindo Minut, Anthoni Pusung, menjelaskan bahwa keputusan untuk mendukung Paslon JG-KWL pada Pilkada Minut 9 Desember 2020 mendatang, merupakan satu keputusan politik yang telah melalui proses dan aturan yang berlaku dalam partai Perindo.

“Sejak awal tahapan Pilkada Minut mulai berjalan, pengamatan dan pilihan kami memang telah tertuju dan diarahkan untuk mendukung Paslon JG-KWL,” tutur Pusung, sambil menegaskan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Joune-Kevin diyakininya mampu mewujudkan harapan masyarakat untuk Minut yang lebih hebat dan maju.

Di tempat yang sama, Ketua PKPI Minut, Wellem Katuuk, menegaskan lahirnya dukungan penuh bagi Paslon JG-KWL melewati perjalanan panjang aturan internal partai dalam proses penjaringan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati. Figur yang melamar harus melewati seleksi ketat termasuk mengikuti fit and proper test.

“Yang pasti sesuatu yang digodok lewat ujian yang sangat ketat akan menghasilkan pilihan terbaik di antara yang baik. Bagi PKPI JG-KWL adalah Paslon yang sangat memiliki komitmen nyata untuk memajukan dan membangun Kabupaten Minahasa Utara,” tukas dia.

Pada sesi pernyataan sikap penutup, Ketua PKB Minut, Sarhan Antili, mengatakan bahwa keputusan untuk mendukung Paslon JG-KWL adalah satu pilihan yang banyak diwarnai dinamika baik internal maupun eksternal PKB.Hal itu katanya, menunjukkan tingkat kehati-hatian petinggi partai PKB untuk menetapkan calon pemimpin Minut yang siap dalam semua hal.

“Satu point penting dan mendasar kami memutuskan untuk mendukung JG-KWL adalah integritas, moralitas dan komitmen keduanya dalam membuka diri untuk bersama-sama membangun Kabupaten Minahasa Utara,” kata Sarhan.

Sarhan menambahkan, besar harapan dan optimismenya di bawah kepemimpinan Joune-Kevin Kabupaten Minut yang kini berusia 17 tahun akan terlihat kemajuan dan giat pembangunan dalam berbagai aspek.

“Kami berharap amanah ini dijalankan oleh JG-KWL dalam bentuk bukti bahwa Minut akan lebih baik dari saat ini dalam semua hal pembangunan dan kesejahteraan rakyat Minut,” tandasnya sambil menambahkan dengan bekal pengalaman selama tiga kali Pilkada maka dia yakin kantong-kantong suara umat Muslim akan kembali bersatu memenangkan figur JG-KWL sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minut yang baru.

Sementara Calon Bupati Minut, Joune Ganda, kepada tiga pimpinan Parpol yang telah menyerahkan SK dukungan dari masing-masing DPP mengungkapkan dengan adanya dukungan resmi ini dia bersama Kevin William Lotulung menjadikan hal itu sebagai modal besar untuk memenangkan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

“Ketambahan tiga partai jadi satu power (kekuatan) besar untuk bersama-sama memenangkan Pilkada,” terang Joune Ganda.

Joune Ganda menambahkan, sejak awal dia bersama Kevin Lotulong melalui PDI Perjuangan selalu membuka diri untuk melamar dan dilamar partai, baik itu partai yang memiki kursi banyak di legislatif maupun yang hanya memiliki kursi 1 tetap diajak bersama-sama membangun Kabupaten Minahasa Utara.

“Dengan komposisi partai koalisi yang ada kesamaaan visi dan misi secara umum yang ada saat ini bergabung bersama PDI Perjuangan selalu partai pengusung utama, maka kemenangan pada Pilkada nanti adalah kemenangan bersama partai politik dan masyarakat Minahasa Utara yang mendambahkan perubahan dan kemajuan,” jelas Joune Ganda sambil menambahkan salah satu alasan utama partai yang membangun koalisi adalah JG-KWL adalah Paslon paling siap dalam semua hal menghadapi Pilkada Minut pada 9 Desember 2020 mendatang.

Selain PKB, Perindo dan PKPI, sebelumnya juga JG-KWL telah menerima dukungan PBB dan Partai Demokrat.

Diketahui, partai atau gabungan partai wajib memiliki 6 kursi DPRD untuk mengusung pasangan calon di Pilkada Minut.

Berikut komposisi kursi partai di DPRD Minut:

PKB 1
Gerindra 2
PDI-P 9
Golkar 4
NasDem 5
Perindo 1
PAN 1
Hanura 1
Demokrat 4
PBB 1
PKPI 1

(***/YerryPalohoon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed