oleh

Pemkot Tomohon Gelar Worshop Keamanan Pangan

Tomohon, Bunaken.co.id – Mutu dan keamanan pangan begitu pentingnya dan menjadi dasar bagi negara-negara didunia. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Tomohon dalam Workshop Keamanan Pangan Kota Tomohon 2019, Senin (18/11/2019) bertempat di Kantor Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon.

Dalam kegiatan peningkatan mutu dan keamanan pangan ini, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Sekda Tomohon bahwa mutu dan keamanan pangan juga pentingnya didalam Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo.

Kata Lolowang, kebijakan penanganan keamanan pangan harus diarahkan untuk menjamin masyarakat terhindar dari mengkonsumsi pangan terutama pangan segar yang terkontaminasi oleh cemaran biologis, kimia maupun cemaran fisik, sehingga dapat mendukung terjaminnya pengembangan pertumbuhan kesehatan dan kecerdasan manusia.

“Hak dari setiap masyarakat untuk mendapatkan pangan yang aman dan bermutu,” ujar Lolowang.

Beberapa hal penting, dituturkan Sekda Tomohon bahwa yang menyebabkan penanganan keamanan pangan belum berjalan dengan efektif yaitu: masih belum berkembangnya sistem pembinaan dan pengawasan keamanaman pangan; kelembagaan penanganan keamanan pangan termasuk laboratorium uji terakreditas masih terbatas; SDM yang terlatih masih terbatas; penegakan hukum yang masih lemah. “Hal ini menyebabkan sistem penjaminan keamanan dan mutu produk pertanian belum bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Narasumber dalam worshop Rita Diongga, sebagai pengawas farmasi makanan ahlimadya, Daby Nerwan sebagai Kabid Keamanan Pangan Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulut dan Kepala Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon Nova Rompas.

Kegiatan worshop diikuti peserta dari kelompok tani se-Kota Tomohon, Badan Pengawasan Obat dan Makanan serta Penyuluh Pertanian Lapangan. (Pdt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed