Rumah Kemasan di Mitra Beroperasi Tahun 2020

0
115

Mitra, Bunaken.co.id – Terkait Rumah Kemasan beberapa pihak mempertanyakan perkembangan Rumah Kemasan yang adalah tanggungjawab Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi (Disperindagkop) Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Kepala Dinas (Kadis) Gothlief Mamahit mengatakan, bakal menyediakan dana sabnyak 1,5 M untuk pengembangan rumah kemasan. “Nanti tahun depan bakal dikelola untuk pengembangannya. Dana yang disediakan juga sebanyak 1,5 M. Dan itu diperuntukan untuk menunjang segala sarana seperti alat-alat penunjang. Karena harga setiap alat itu bisa mencapai puluhan juta,” kata Mamahit, Kamis (7/11/2019) saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

Diketahui, dana yang digelontorkan diambil dari DAK bukan dari APBN. “Dan yang disediakan bukan dari APBN. Itu berkat lobi saya ke pihak pusat. Meskipun dana tersebut sudah merupakan program dari pejabat sebelum. Akan tetapi saya yang menindaklanjuti,” terang Kadis Perindagkop Mitra.

Ditambahkannya, untuk tahun depan bakal difokuskan terkait pengembangan rumah kemasan. “DAK perdagangan yang ada untuk tahun depan sebanyak 4M. Itu terbagi dari, 1,5M Pengembangan Rumah Kemasan dan 2,5M untuk pengembangan pasar yang ada di Ratatotok,” ujar Gothlief.

Jadi dipastikan, diawal tahun 2020 Rumah Kemasan sudah mulai jalan. Dinas terkait bakal mulai mengolah sejumlah kemasan plastik dan akan menggaet sejumlah pelaku usaha yang nantinya bisa berkontribusi disitu. “Akan tetapi yang menjadi kendala nanti, masalah tenaga pekerja untuk mendisign setiap produk kemasan yang diproduksi. Jadi kita harus mencari sekurangnya 5 tenaga handal yang mengerti masalah design,” lagi kata dia.

Meski begutu, ia memastikan pihaknya bakal berupaya untuk ketersediaan sarana penunjang dan tenaga pengolah bisa terpenuhi hingga awal tahun nanti. “Untuk itu, masalah tenaga yang ada, bakal dicari. Dan itu diharuskan tenaga ASN. Kalau semua sarana penunjang sudah terpenuhi, sudah bisa dijalankan kedepannya,” tutupnya. (Pdt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here