Bupati JS: Musrenbang Bukan Seremonial Belaka

0
191

Mitra, Bunaken.co.id – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Mitra tahun 2020 dibuka secara resmi Bupati Mitra James Sumendap SH (JS) di Sport Hall kantor Bupati, Senin (25/3/2019).

Bupati Sumendap mengatakan Musrembang dilaksanakan sebagai salah satu tahunan dalam perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan UU Nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. “Yaitu proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat. Dalam hal ini masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan, artinya masyarakat diikut sertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan,” jelas Bupati JS.

Dia berharap tahun ini mampu merumuskan beberapa kebijakan dan program strategis untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan.

“Musrembang ini bukan sekedar seremonial belaka melainkan mampu menghasilkan penyelarasan program dan kegiatan, mempertahankan indikator serta target program kegiatan dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sinergi pelaksanaan pembangunan daerah dan menghasilkan bahan pemutahiran rancangan RKPD Kabupaten Mitra tahun 2020,” terangnya lagi.

Pun ikut dilakukan penandatanganan berita acara Musrembang antara Bupati, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekda, Bappeda Sulut, unsur perempuan, tokoh agama, delegasi kecamatan dan LSM.

Plt Kepala Bappeda Mitra Dr Grace Oroh MPd dalam laporannya di kesempatan itu mengungkapkan tema dari Musrembang ini adalah ‘Pembanguan Tahun 2020 adalah Mewujudkan Mitra Sehat, Cerdas, Tangguh dan Berdaya Saing.

Dikatakannya, proses tahapan pelaksanaan Musrembang dengan pendekatan bottom-up, yaitu Musrembangdes selesai dilaksanakan Januari 2019, Musrembangcam selesai Februari 2019 dan Musrembangkab dilaksanakan Maret 2019. Serta pra Musrembangkab 25 Maret dan Musrembagkab 25 Maret.

Sebelumnya, jumlah usulan kegiatan untuk RKPD 2020 untuk 12 kecamatan, yaitu 994 usulan.

Dibeberkan ada 7 prioritas pembangunan antara lain:

  1. Pengurangan kemiskinan dan pengangguran.
  2. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan,peningkatan mutu pendidikan.
  3. Ketahanan pangan melalui peningkatan produksi dan produktifitas pertanian,perkebunan dan perikanan.
  4. Peningkatan ekonomi,daya saing iklim usaha,pariwisata,koperasi dan UMKM.
  5. Infrastruktur layanan dasar, tata ruang, mitigasi bencana dan lingkungan hidup.
  6. Reformasi birokrasi, tata kelola pemerintahan dan optimalisasi pelayanan publik.

Turut hadir Wabub Drs Jesaja JO Legi, Ketua DPRD Marty Ole SMn, Sekda Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi, para asisten, Forkopimda yang mewakili, staf khusus Bupati Drs Jeremia Damongilala MSi, Kabid Monitoring dan evaluasi Bappeda Sulut Ir Dani Karouw MT, instansi vertikal serta undangan lainnya. (Pdt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here