oleh

Batas Sempadan Segera Dilakukan Di Pesisir Danau Tondano

Minahasa. Bunaken.co.id – Bertempat di ruang Kantor Camat Remboken Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Balai Sungai Provinsi, selasa (23/05/2023) melakukan sosialisasi bagaimana menyelamatkan dan melestarikan dalam rangka batas sempadan Danau Tondano.

Konsultan penetapan Sempadan Fonle Rumengan mengatakan, Danau ini sesuai dengan permen no 8 tahun 2015 ditetapkan dari 50 meter mata air tertinggi ke batas air ke darat.

“Kami tidak akan menggusur masyarakat yang tinggal di seputaran danau tondano begitupula dengan usaha karamba dll, kami hanya berkegiatan akan memasang patok. Kegiatan yang kami lakukan ini dalam rangka penetapan sempadan, memasang  patok  batas tidak ada hal – hal yang akan merugikan masyarakat,”kata Rumengan.

Menurutnya, Danau Tondano saat ini semakin dangkal, eceng gondok semakin subur itulah permasalahannya.

“Karena sekitar tahun 1960 Danau Tondano kedalamannya 40 meter lebih ketika kami mengukur di tahun 2021 hanya 13,5 meter saja tentunya ini sangat membuat prihatin dan kita harus perlu melestarikan dan menyelamatkan Danau Tondano,”jelasnya.

Asisten 11 bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Wenny Talumewo di tempat yang sama mengatakan, Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Masyarakat bersatu padu bertekad bersama menyelesaikan persoalan danau tondano.

“Saat kami pemerintah berkomunikasi lewat sosialisasi kepada masyarakat semua program yang akan di lakukan, tidak hanya kepada Camat ataupun pemerintah sehingga tidak akan menimbulkan cerita yang simpang siur,” tegas Talumewo.(*/onike)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed