oleh

Pemkot Kotamobagu Targetkan Angka Nol Untuk Kemiskinan Ekstrim

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota  Kotamobagu menargetkan Nol Miskrin Esktrim yang akan dimulai dengan melakukan verifikasi data kemiskinan ekstrem di wilayahnya.

Menurut Kepala Bappelitbangda Kotamobagu melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan, Fahmi Iman, verifikasi data dilakukan di 33 desa dan kelurahan se Kota Kotamobagu.

“Verifikasi saat ini sedang dilakukan untuk memastikan warga yang masuk dalam kategori miskin ekstrem,” ungkap Fahmi usai Rakor Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE), di Aula Bapelitbangda Kotamobagu, Kamis 26 Januari 2023.

Fahmi menyebutkan, sesuai rilis Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin ekstrem di Kotamobagu sebanyak 980 jiwa.

“Salah satu kriteria miskin ekstrem adalah pendapatan perhari sebesar atau kurang dari Rp11.000 atau sekitar Rp330 ribu perbulan,” sebutnya.

Dikatakannya, verifikasi data ini nantinya akan dilanjutkan pemetaan penyebab terjadinya miskin ekstrem.

“Apakah karena tidak bekerja atau ada sebab lain. Setelah itu, kemudian ada intervensi program, termasuk juga program dana desa dan padat karya harus mengutamakan mereka,” tuturnya.

Masih menurut Fahmi, Untuk mengatasi masalah kemiskinan ektrem ini, dibutuhkan adanya kerjasama yang baik dengan berbagai pihak.

“Nantinya akan ada program terintegrasi dengan melibatkan semua pihak terkait. Termasuk lembaga sosial lainnya. Target kita di tahun 2024 Nol Miskin Esktrim di Kotamobagu, ini juga sesuai dengan instruksi Presiden,” tandasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed