oleh

FER Ajak Masyarakat Teliti Konsumsi Obat dan Makanan

Minsel.Bunaken.co.id – Komisi IX DPR RI Felly E Runtuwene mengajak masyarakat agar teliti jika mengkonsumsi obat, makanan dan memakai kosmetik yang bisa membahayakan kesehatan. Pastikan yang dikonsumsi dan dipakai telah lolos uji kesehatan karena saat ini banyak obat, makanan dan kosmetik yang beredar tanpa izin mengandung bahan kimia berbahaya.

Hal itu disampaikan FER saat memberikan materi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi dan edukasi di Desa Raanan Baru Kecamatan Motoling Barat Kabupaten Minahasa Selatan, pada Jumat (18/11/22). Ia mengatakan selama pengawasan BPOM di pasaran banyak sekali ditemukan obat, makanan, kosmetik, obat tradisional yang mengandung bahan kimia.

Menurut FER, masyarakat perlu diberikan pemahaman bagaimana melihat obat, makanan dan kosmetik sebelum membeli dan mengkonsumsinya. “Komunikasi dan edukasi ini terus kami lakukan terhadap masyarakat,” katanya.

Ia menyebutkan sebelum membeli produk yang akan dikonsumsi masyarakat diminta melakukan pengecekan terhadap produk yang akan dibeli. Pertama, cek kemasannya apakah masih bagus dan tidak robek. Kedua, cek label makanan atau obat itu apakah jelas komposisinya, cara makan dan lainnya. Ketiga cek izin edarnya di BPOM dan keempat cek masa kedaluwarsanya apakah masih berlaku atau tidak.

“Apalagi kita usai dilanda pandemi Covid-19 masyarakat selama ini terbiasa dengan obat makanan dan kosmetik herbal yang diperoleh dengan mudah dan harga yang murah,” ungkapnya.

FER ingatkan pentingnya komunikasi dan edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan obat, makanan dan kosmetik karena selama pandemi Covid-19 masyarakat sangat akrab dengan makanan obat dan kosmetik herbal. “Kadang kita ingin memperoleh obat, makanan dan kosmetik dengan mudah dan murah. Perlu ketelitian dalam membelinya. Komisi IX bersama mitra kami BPOM akan terus mengedukasi masyarakat terkait hal itu,” ujarnya.
(CR-1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed