oleh

HWPL Gelar Konferensi Perdamaian Internasional Untuk Memperingati Perjanjian Damai

Manado. Bunaken.co.id.- HWPL atau Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light), merencanakan menggelar konferensi perdamaian internasional ke 8 untuk memperingati  perjanjian damai, yang hendak dipimpin warga sipil di Mindanao.

Kegiatan yang akan dilaksanakan 24 Januari 2022 merupakan perjanjian perdamaian yang dipimpin sipil di Mindanao, sekaligus ditetapkan sebagai Hari perdamaian HWPL oleh Provinsi Maguindanao di Filipina.

Acara yang bertemakan “Hukum Perdamaian di Sorga dan di Bumi” ini seharusnya mengumpulkan lebih dari 2.000 perwakilan sosial. Selain itu, acara ini akan menjadi ajang untuk mempromosikan kerukunan antarumat beragama dan menggalang dukungan publik untuk membentuk hukum internasional untuk perdamaian berdasarkan Deklarasi Perdamaian dan Pengakhiran Perang (DPCW, Declaration of Peace and Cessation of War), organisasi tuan rumah, Budaya Sorgawi, Perdamaian Dunia, Pemulihan Terang, (HWPL, Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light), yang adalah organisasi non-pemerintah yang terkait dengan Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC, Economic and Social Council) PBB dan Departemen Komunikasi Global (DGC, Department of Global Communications) PBB. Sejak 2013, organisasi telah berkomitmen pada berbagai kegiatan perdamaian untuk perdamaian dunia dan pengakhiran perang.

Ketua HWPL Man Hee Lee telah mengunjungi Filipina untuk berkontribusi dalam upaya membangun perdamaian di Mindanao yang dimulai dengan perjanjian damai yang dibuat pada tanggal 24 Januari 2014 antara kedua kelompok yang berselisih melalui Esmael G. Mangudadatu, seorang Gubernur di Magindanao dan Fernando Capalla, mantan Uskup Agung Davao. Melalui perjanjian tersebut, Magindanao, Mindanao telah menetapkan tanggal 24 Januari setiap tahun sebagai Hari HWPL (Peringatan Deklarasi Perdamaian Dunia) pada tahun 2015 dan membangun sebuah monumen HWPL. 

Sejak itu, acara-acara peringatan tahunan seperti festival perdamaian akbar, konferensi antaragama terus berkontribusi dalam merayakan perjanjian perdamaian dan meningkatkan kesadaran akan perdamaian di antara para warga di wilayah Mindanao. Pada peringatan perjanjian damai sipil ke-2 pada tanggal 24 Januari 2016, upacara pembukaan Monumen Perdamaian HWPL telah diadakan ketika 24 Januari dinyatakan sebagai Hari Perdamaian oleh Ketua Ahod Ebrahim di dalam MILF Sultan Kudarat, Mindanao. 

Sesuai rencananya, sebagai pembicara utama adalah Komisaris Ronald Adamat dari Commissioner on Higher Education (CHED), Sholai Lim, Ketua dari Provincial Women Development Council of Davao De Oro, Adzhar J. Madjid, Direktur Negara dari the World Assembly of Muslim Youth Philippines. Juga, berbagai sektor termasuk hukum, pendidikan, pemuda, wanita, Polisi, dll. Dan siapa pun yang ingin menghadiri acara tersebut dapat menyaksikan siaran langsung melalui Facebook https://www.facebook.com/hwplph/ pada tanggal 24 Januari 2022, pukul 19.00 hingga 20.30 (waktu Manila, Filipina atau 18.00 sampai 19.30).(Realis/Sonny)

Megahmark

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed