oleh

Peran Hukum Dalam Perubahan Sosial

Oleh : ARCE KALALO

Hari ini telah menunjukan bahwa perilaku manusia semakin dinamis dan progresif, terlihat dengan aktifitas masyarakat terus berusaha melakukan hal-hal yang bersifat modern dan serba instan dengan menggunakan sarana teknologi yang maju.

Dimasa lalu, jelas terlihat bahwa manusia dalam berbagai hal nampak melakukan sesuatu begitu pasif karena kondisi saat itu yang tidak memungkinkan manusia untuk bergerak dan bertindak secepat hari ini yang telah masuk pada era modern.

Perkembangan yang ada sekarang telah menunjukan dan membuat setiap orang dapat bertindak dan berbuat serta mendapatkan sesuatu juga serba mudah/instan, karena adanya perkembangan teknologi yang begitu maju.

Tentu hal ini mengakibatkan individu-individu yang tidak siap dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, dengan sendirinya akan tergilas dan tertinggal.

Maka untuk tetap eksis dan bertahan dengan fenomena saat ini, maka wajib hukumnya bagi setiap individu untuk maju dan menguasai serta menyesuaikan dengan era modernisasi saat ini.

Hal ini kemudian memberikan dampak adanya perubahan pada kebiasaan hidup manusia itu sendiri, seperti perubahan pola hidup, perubahan perilaku dan perubahan cara pandang serta perubahan dalam pemikiran.

Perubahan perubahan yang terjadi ini, disebabkan karena kekuatan eksternal yang begitu kuat sehingga mempengaruhi kekuatan sosial yang yang ditengah-tengah kelompok masyarakat.

Oleh sebab itu, kita perlu menjaga keseimbangan antara kekuatan eksternal dan kekuatan internal yang ada dalam masyarakat.

Namun demikian perubahan tidak hanya berdampak ke arah yang baik, seringkali perubahan juga dapat berdampak tidak baik.

Perubahan sosial yang terjadi pada salah satu bagian kehidupan akan mempengaruhi bagian-bagian lainnya.

Maka permasalahan kemasyarakatan itu akan semakin pelik karena adanya perubahan sosial yang terjadi, yang disebabkan perkembanagn atau modernisasi yang semakin terus bergerak maju.

Maka untuk menanggapi persoalan-persoalan perubahan sosial yang terjadi ini harus ada kaidah-kaidah dan norma-norma yang harus diterapkan agar dapat menjaga keseimbangan antara kehidupan sosial masyarakat dan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Sehingga perubahan perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dapat diselesaikan dengan menerapkan ketentuan hukum yang mengikat untuk semua pihak baik yang dari dalam masyarakat dan dari luar masyarakat.

Karena Hukum dapat menjadi alat untuk mengubah masyarakat dan hukum juga dapat menjadi sarana pengatur perilaku manusia.

Intinya, perubahan sosial hendaklah diimbangi dengan perubahan hukum dan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan aturan atau hukum yang ada.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed