oleh

Pendidikan Karakter Dalam Keluarga

Nama : Yunita Ariansi Montoh, Mahasiswa Universitas Negeri Manado
Nim : 21304178
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

Pendidikan karakter saat ini menjadi hal yang sangat diagungkan dalam setiap kesempatan. Pada era 4.0 pendidikan karakter perlu ditingkatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini banyak kasus yang terjadi di kalangan masyarakat luas selain kasus korupsi yang menjerat para petinggi negara ada juga kasus-kasus lain yang menurut saya bukan karena latar belakang Pendidikan dan keluarga yang menjadi faktor utamanya namun bagaimana pribadi atau individu itu dibentuk.

Kasus yang menarik bagi saya adalah meningkatnya kasus korupsi di negara ini baik dari jajaran pemerintah Pusat maupun sampai ke pelosok pedesaaan.

Namun, yang menjadi hal menarik adalah mereka yang melakukan Tindakan yang merugikan negara dan banyak orang ini ternyata adalah orang-orang yang dengan latar belakang Pendidikan tinggi dan berasal dari keluarga yang baik dan terpandang.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa dengan tingkat Pendidikan yang tinggi dan keluarga yang terpadang bisa membuat seseorang melakukan Tindakan kejahatan yang sangat fatal ? ya, jawabnya adalah Pendidikan karakter yang kurang ditanamakan sejak dini dalam keluarga menjadi salah satu alasan mengapa orang meski dengan latar belakang Pendidikan yang baik namun tidak dibarengi dengan Pendidikan karakter akan menyebabkan rusaknya moral dan kepribadian orang tersebut dan tidak segan-gan melakukan Tindakan kriminal.

Untuk itu saat ini sebagai generasi muda yang hidup di era 4.0 kita di tuntut bukan hanya alih dalam mengoperasikan Gadget dan media-media elektronik lainnya, namun kita harus memiliki karakter yang kuat tentunya hal ini dimulai dari dalam lingkungan keluarga kita sendiri yang dimana keluarga merupakan Lembaga tertua yang ada di masyarakat dan sebagai sarana utama membentuk kepribadian seseorang.

Mari kita sama-sama belajar untuk menerapkan Pendidikan karakter dimulai dari diri sendiri dan disebarkan dilingkungan dimana kita berada dengan harapan kita menjadi generasi 4.0 yang bukan hanya mahir dalam bidang pengetahuan namun memiliki landasan karakter yang kuat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed