oleh

GAMKI Minsel Berkomitmen Jaga Aset-Aset Bersejarah

-Minsel-77 views

Amurang.Bunaken.co.id – Setelah GAMKI Minsel dalam momentum kemerdekaan melaksanakan ziarah dan tabur bunga dibeberapa makam Pahlawan berdarah Minahasa yang dimakamkan di Minahasa Selatan, yaitu salah satunya Makam Penginjil Eduard W. G. Graafland yang adalah Anggota Asosiasi/Perserikatan Penginjil di Pekuburan Umum Kelurahan Bitung Amurang (17/8), didapati tidak terpelihara dan sudah tertimbun rumput dan tanah.

Hari ini (20/08), terpantau melaui akun FB Jelajah Minahasa Selatan yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Minsel,  Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang sudah melakukan kunjungan ke situs sejarah Makam Penginjil Pdt. Eduard Willem Gilles Graffland di Pemakaman Umum Kelurahan Bitung Amurang bersama Drs.James J. Tombokan Assiten Bidang Perekonomian & Pembangunan sekaligus sebagai Plt. Kepala Dinas Pariwisata didampingi Kepala Bidang Destinasi Wisata dr. Wiwin Opod, dan Tim Dinas Pariwisata dan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan rapat dengan Pemerintah Kelurahan, Kecamatan, Gereja, Balai Arkeologi dan pihak terkait untuk dijadikan destinasi wisata sejarah

Wulan  Suot selaku ketua GAMKI Minsel mengatakan perlu perhatian dari pemerintah dan masyarakat untuk tetap menjaga atau melestarikan situs-situs bersejarah yang ada di Minahasa Selatan, diajuga berterimah kasih kepada pemerintah kabupaten minahasa selatan yang sudah merespon terkait makan pengijil ini.

“Pemerintah dan Masyarakat harus menjaga dan melestarikan nilai-nilai sejarah terutama di Minahasa Selatan. Sangat bersyukur, Pemkab dalam hal ini Dispar Minsel langsung menindaklanjuti terkait makam Penginjil Eduard W. G. Graafland yang memang sudah sangat tidak layak”, tutur Wulan selaku Ketua GAMKI Minsel.

Wakil Ketua GAMKI Minsel, Maikel Pontoh mengatakan “Diharapkan semua yang punya nilai sejarah di Minsel ini di jaga terus, jangan cuma momen tertentu contoh dalam rangka kemerdekaan saja, kita berharap sejarah-sejarah ini dijaga secara berkesinambungan”, ucap Maikel Pontoh.

GAMKI Minsel berkomitmen untuk bersinergi dengan Pemerintah khususnya dalam menjaga aset-aset sejarah di Minahasa Selatan.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed