Pendaftar Calon KPPS Tidak Penuhi Kuota, KPU Bitung Bakal Lakukan Ini

0
141
Foto: Suasana RDK KPU Kota Bitung

Bitung, Bunaken.Co.Id-Tak terpenuhinya kuota pedaftar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Pihak KPU Kota Bitung direncanakan kembali akan membuka pendaftaran.

Hal ini dibenarkan Komisioner KPU Bitung Idhli R. Fithriah yang juga selaku ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dam SDM.

Idhli menjelaskan pendaftaran KPPS yang telah dilakukan mulai tanggal 7 Oktober 2020 sampai 13 Oktober 2020 nyatanya hanya bisa mengisi 30% dari jumlah kuota yang ditargetkan.

“Nantinya sebentar kita akan rekap kembali, di wilayah mana yang belum terpenuhi. Pendaftaran kedua ini hanya dibuka untuk wilayah yang belum terpenuhi,” ujarnya dalam Rapat Dalam Kantor (RDK) pembahasan terkait rapid test Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas ketertiban Tempat Pemungutan Suara (TPS), bertempat di Aula Kantor KPU Kota Bitung, Selasa (13/10/2020).

Ditanyai ketika pada pendaftaran kedua juga tidak terpenuhi, dirinya menjelaskan tentunya akan diberlakukan pendaftaran lagi tapi dengan jangka hari yang lebih sedikit.

“Ketika tidak juga memenuhi kuota, maka akan dilakukan pendaftaran lagi yakni 3 hari, itupun akan diambil dari sekeliling TPS. Kalaupun kemudian masih belum memenuhi kuota akan dibuka lagi pendaftaran dua hari iti juga nantinya akan bekerja sama dengan instansi dan lembaga seperti pendidikan,” jelas Idhli.

Hal senada pun disampaikan Komisioner KPU Bitung Iten Kojongian yang juga selaku Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan untuk pendaftaran kali ini ada beberapa masalah dilapangan melihat juga situasi Pandemi Covid-19.

“Kami juga sudah mempermudah syarat pendaftar dari sebelumnya berijazah SMA, turun ke SMP, sampai ke SD bahkan yang tidak sekolah pun tapi dengan surat pernyataan bahwa pendaftar bisa baca tulis,” tuturnya.

“Karena disituasi seperti ini kadang kali orang takut mendaftar karena akan dirapid tes,” terang Iten.

Dirinya juga berharap semoga dibukanya pendaftaran kedua untuk Calon KPPS ini bisa memenuhi kuota 100%. (Cal)

IKLAN-KPU-MANADO-OKT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here