KPU Bitung Gelar RDK Terkait Rapid Test KPPS dan Petugas Ketertiban TPS

0
115
Foto: Suasana RDK KPU Kota Bitung

Bitung, Bunaken.Co.Id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung gelar Rapat Dalam Kantor (RDK) pembahasan terkait rapid test Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas ketertiban Tempat Pemungutan Suara (TPS), bertempat di Aula Kantor KPU Kota Bitung, Selasa (13/10/2020).

Dalam sambutan membuka RDK Komisioner KPU Bitung Syarifudin Hasan yang juga selaku Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan menyampaikan, RDK kali ini adalah salah satu tahapan yang terkait dimasa pandemi Covid-19.

Maksud dan tujuan RDK ini lanjut Syarifudin, untuk adanya persamaan presepsi diantara yang hadir, sehingga menjadi satu titik temu kesepakatan.

“Yang terutama kita mendapatkan KPPS yang sehat dari gejala awal Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Bitung Idhli R. Fithriah menyampaikan, dalam tahapan pemeriksaan KPPS dan Petugas Penertiban akan dilakukan sesuai jumlah TPS yang ada yakni 583 dikalikan dengan sembilan yang berjumlah 5247 orang akan dirapid.

“Dimulai dari Kecamatan yang terbanyak yakni Maesa 1044 nantinya akan dirapid jadi empat hari, 261 orang perhari, Matuari 972 menjadi empat hari, Aertembaga 810 l, Kecamatan Madidir 747 menjadi tiga hari, Girian 720 selama tiga hari, Ranowulu 441 menjadi dua hari, dan yang satu hari dilakukan rapid nantinya adalah Kecamatan Lembeh Utara 252 dan Lembeh Selatan 261,” jelas Idhli yang juga selaku Ketua Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dam SDM.

Dirinya juga menjelaskan pihak KPU melibatkan Rumah Sakit untuk RDK kali ini, karena sesuai pedoman teknis 476 KPU, setelah pemeriksaan rapid oleh Dinas Kesehatan dinyatakan reaktif secara otomatis akan masuk dipemeriksaan swab.

“Swab ini yang kemarin dalam rapat kami yang akan di gratiskan. Untuk Kabupaten Kota yang non penyelenggra anggaranya akan masuk ke Provinsi, nah kami yang penyelenggara, anggaranmya itu masuk ke kita, dan memang sudah ada revisi yaitu APBN mulai dari rapid, swab, dan juga APD,” terang Idhli.

Turut hadir dalam RDK kali ini, Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw, Komisioner KPU Bitung Yunnoy Rawung, Komisioner KPU Bitung Iten Kojongian, Hira Tanggung dan Saul R. Tindangen selaku yang mewakili Kadis Kesehatan, Oldi Rembet, selaku yang mewakili Dirut RSUD manembo-nembo, dan awak media. (Cal)

IKLAN-KPU-MANADO-OKT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here