Serikat Pekerja Nasional Bitung : Covid-19 bukan alasan untuk PHK

0
326

Bitung.Bunaken.co.id – DPC Serikat Pekerja Nasional Kota Bitung mengecam keputusan terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak. Menurut Combyan Lombongbitung ketua DPC Serikat Pekerja Nasional Kota Bitung, dampak covid-19 tidak bisa jadi dasar yang kuat untuk PHK.

“PHK harus sesuai ketentuan yang berlaku dan harus terlebih dahulu melalui upaya-upaya agar tidak sampai dilakukan PHK. Pun jika sampai terjadi PHK Perusahaan harus memberikan kompensasi yang jelas dan memadai bagi pekerja, sudah sangat jelas diterangkan dalam UUD 1945 Pasal 27 Ayat 2, juga dalam UU 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan yaitu dalam pasal 151 Ayat 1, Pasal 155 Ayat 1 dan Pasal 155 Ayat 2. Ujar Lombongbitung

Lanjut lombongbitung, Isu-isu yang santer terdengar bahwa perusahaan akan melakukan PHK semoga saja tidak terjadi khususnya di Kota Bitung, hal ini harus dicegah dan ditindaki sejak dini agar semua berjalan sesuai aturan yang berlaku, Serikat Pekerja Nasional Bitung pun tak akan tinggal diam.

“Kami akan terus melakukan berbagai upaya dan koordinasi dari Kota, Provinsi dan Nasional untuk melindungi para buruh dan pekerja. Dan untuk perusahaan-perusahaan jangan main-main dan jangan coba-coba melakukan PHK atau hal yang tidak sesuai aturannya karena ini menyangkut nasib hidup banyak orang” lanjut lombong bitung

Sudah sejak beberapa waktu lalu pun ribuan buruh dan anggota Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Konfederasi Serikat Pekerja Nasional Indonesia (KSPI) turun kejalan melakukan aksi untuk menolak Omnibus Law dan PHK. Dan hal ini akan terus kami gaungkan untuk menjaga hak-hak dan nasib masyarakat kecil khusunya kaum buruh/pekerja.

“Mari kita hargai para buruh dan pekerja karena banyak hal yang kita nikmati adalah hasil tangan mereka, bahkan mereka pun ada yang kehilangan tangan dan anggota tubuh lain dalam pekerjaannya. Negara tak akan ada tanpa masyarakat kecil dan negara tak akan terbangun tanpa kaum buruh/pekerja. Tutup Combyan.(**)

IKLAN-KPU-MANADO-OKT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here