oleh

Warga Rap-Rap Temukan 11 Waruga Di Aimadidi

Minut. Bunaken.co.id.- Sekelompok masyarakat yang menamakan diri sebagai Penjaga Tanah Leluhur Minahasa, beberapa waktu lalu menemukan sebelas Makam Tua atau yang disebut Waruga di sekitar wilayah Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara.

V3

Andre lengkong salah satu penemu Waruga menjelaskan, ditemukannya waruga berawal dari informasi salah satu teman untuk melakukan penggalian di sebuah titik.

“Pertama kali torang dapa petunjuk dari Tommy Luntungan, dan kami melakukan pengggalian di sebuah lokasi yang hanya berbentuk batu kecil. Dari gundukan batu yang muncul dipermukaan berukuran kecil, kamipun terus melakukan penggalian karena itu sesuai dengan petunjuk dari leluhur kami,”ungkap Andre.

Selain itu Andre juga menjelaskan, penemuan Waruga tersebar di beberapa tempat yang berbeda namun tetap di wilayah yang sama.

“Waruga ini ditemukan di lima tempat berbeda. Lokasi pertama torang dapa tiga Waruga, lokasi ke dua dapa dua, lokasi ke tiga dapa tiga, lokasi ke empat satu yang terakhir lokasi ke lima torang dapa dua Waruga,”jelas Andre.

Lanjut Andre mengungkapkan, sesuai petunjuk yang didapat dari Tommy langsung disampaikan juga kepada Tonaas Rinto Taroreh saat hendak membuat kubur (makam) untuk terus melakukan penggalian hingga ditemukannnya Waruga tersebut.

Selanjutnya Andre berharap agar penemuan Waruga mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Minahasa Utara lebih khusus Kecamatan Airmadidi untuk dapat melestarikan cagar budaya yang ada.

“Kita berharap pemerintah boleh mo lia ini Waruga torang beking kase bagus ini karena Waruga adalah torang pe leluhur, kalo nda ada dorang torang nda ada di tanah Minahasa,”pungkas Andre.(Rio)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed