Dari Era SHS Jabat Walikota Bitung Hingga Gubernur Olly Dondokambey, Maximilian Lomban Terus Berperan

0
381

Bitung. Bunaken.co.id.- Segudang prestasi yang dicapai Kota Bitung sejak dari kepemimpinan Walikota Bitung Sinyo Harry Sarundajang (SHS) peralihan dari Kota Administarif ke Kotamadya, tak lepas dari peran Maximilian Lomban.

Kemampuan Max Lomban sebagai birokrat handal, ditunjukan sejak saat itu dirinya dipercayakan oleh Walikota SHS sebagai koordonator untuk membenahi Kota Bitung mulai dari kebersihan lingkungan dan penataan kota, hingga Kota Bitung berhasil meraih Adipura Tahun 1997 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Seiring berjalannya waktu hingga reformasi, Kota Bitung kembali meraih Piala Adipura pada 2007 era Walikota Hanny Sondakh, sedangkan Max Lomban selaku Sekretaris Daerah Kota Bitung (2006-2011).

Pada 14 Januari 2019, Max Lomban yang menjabat Walikota Bitung menerima penghargaan Adipura yang ke-14 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Gedung Manggala Wana Bakti, Jakarta.

Konsistensi dan komitmen Max Lomban membuat Kota Bitung meraih Piala Adipura 14 kali menjadi bukti nyata dan saksi hidup warga Bitung pada figur birokrat ini memajukan Kota Bitung.

Begitu pula prestasi hattrick 9 kali berturut-turut Pemerintah Kota Bitung berhasil memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Bitung sejak Tahun Anggaran (TA) 2011 (diumumkan 2012) sampai dan dengan TA 2019 (diumumkan 2020).

Era saat itu, Max Lomban sudah menjabat Wakil Walikota Bitung (2011-2016) dan Walikota Bitung (2016- sekarang).

Sehingga berdasar pengalaman dalam pemerintahan, Max Lomban dinilai unggul dari perjalanan karir birokrasi paripurna dan fenomenal, karena pernah dipercayakan atasan menduduki jabatan strategis di masa itu, termasuk amanah rakyat membangun Kota Bitung sebagai Walikota saat ini. Inilah fakta satu-satunya figur di Sulut yang meniti karir dari bawah, tahap demi tahap hingga mencapai puncaknya.

Max Lomban juga selain sebagai saksi hidup, tapi sekaligus pelaku dan tokoh utama peletak dasar Tata Kelola Administrasi dan Keuangan yang meraih capian bergensi, Opini WTP BPK-RI sebanyak 9 kali berturut berturut.

“Ini semua berkat kerja keras kita semua dan semua penghargaan ini, saya persembahkan buat masyarakatku, masyarakat Kota Bitung yang saya banggakan dan saya cintai,” kata Walikota Max Lomban, akhir pekan silam.

Sejumlah penghargaan yang berhasil diraih antara lain,

  1. Penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo sebagai Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Berprestasi di Wilayah Sulawesi, mengalahkan hampir 100 kabupaten /kota di pulau Sulawesi 2018.
  1. Penghargaan MANGGALA KARYA KENCANA dari BKKBN RI kepada Walikota Bitung yang diserahkan oleh Menko PMK Puan Maharani 2018.
  1. Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2018 dari Kementerian Koperasi dan UKM RI kepada Bapak Wakil Walikota Bitung selaku Ketua Dekopinda.

“Ini merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya (2017), sebagai Walikota Bitung, saya mendapat penghargaan yg sama,” ucapnya.

  1. Penghargaan Investment Award dari BKPM RI sebagai PTSP Terbaik Tingkat Kota se-Indonesia Tahun 2018.
  1. Predikat Kota Layak Anak Tingkat Madya 2019. “Ini juga yang kedua kalinya setelah tahun sebelumnya (2018), kita mendapatkan tingkat Madya, dan ini pertama di Sulut untuk dua kali berturut – turut,” ujarnya.
  1. DEKRANASDA Kota Bitung meraih Juara I Pagelaran Pakaian Khas Daerah 2018 dalam rangkaian kegiatan Rakerda Dekranasda Sulawesi Utara.
  1. Paduan Suara Bitung Bahari Berseri (B3) Choir sebagai Champion of Gospel and Spiritual Category at 7th Bali Internasional Choir Competition 2018 mengalahkan banyak negara lainnya yang ikut serta.
  1. Hasil Seleksi Guru, Kepala Sekolah (Kepsek) dan Pengawas Berprestasi/Teladan Tingkat Provinsi (2020), Kota Bitung meraih :

– Juara I Guru TK

– Juara I Kepsek TK

– Juara III Guru SMP

– Juara II Pengawas SMP

– Juara II Kepsek SMA

(Juara I akan mewakili Provinsi ke Tingkat Nasional).

  1. Penghargaan Sulut Sensanitasional Award 2020 dari Pemprov Sulut sebagai Terbaik Pertama masing masing:

– Terbaik Pertama Layanan Air Limbah Domestik.

– Terbaik Pertama Anugerah Sensanitasional Award.

– Terbaik Pertama Kategori Pelayanan Persampahan.

“Dan ini satu–satunya di Sulawesi Utara yang mampu meraih 3 terbaik pertama sekaligus,” kata Walikota Max Lomban.

  1. Peringkat III Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) se-Provinsi Sulut dengan Predikat Sangat Tinggi 2019.
  1. Juara III Putri Duta GenRe (Duta Generasi Berencana) Tingkat Prov. SULUT yang dilaksanakan oleh BKKBN Sulawesi Utara 2019.
  1. Juara Umum dalam rangka HARGANAS XXV se-Indonesia yang dilaksanakan di Kota Manado 2018.

“Semoga Tuhan memberkati Kota Bitung, Tuhan memberkati kita semua, Amin,” tutup Walikota Max Lomban. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here