Jiwa Entrepreneur Pada Usaha Petani Ikan Air Tawar di Desa Eris Kecamatan Tandengan

0
118

Oleh Dr. Lisbeth Mananeke,SE.MS

Kewirausahaan adalah merupakan suatu proses visi kedalam suatu kehidupan atau usaha yang didalamnya memiliki unsur kreatif dan inovatif untuk meraih peluang lebih baik kedepan.

Wirausaha secara historis sudah di kenal seperti di Belanda yaitu Ondernemen, di Jerman dengan istilah Unternehmer. Dalam pengembangan usaha nilai Entrepreneur / jiwa

Kewirausahaan karena apapun yang di harapkan tanpa di ikuti dengan semangat dan kemauan para pelaku usaha semua hanya merupakan harapan semu tidak membawa nilai tambah.

Keberhasilan yang diraih adalah merupakan hasil dari jiwa Entrepreneur semangat ketegaran dan mampu mengikuti perkembangan yang sedang berlangsung, demikian juga untuk usaha

Petani Ikan Air Tawar yang sudah di kelola puluhan tahun namun hasilnya tetap dari tahun ke tahun ada hasil tapi tidak ada kemajuan baik dari sisi jumlah maupun profitnya, padahal budidaya ikan air tawar ini merupakan sumber penghasilah utama bagi masyarakat desa Eris.

Sampai saat ini hampir tidak ada lahan yang kosong/ tersisa di pesisir Danau Tondano yang tidak di bangun jaring tancap sebagai tempat budidaya ikan air tawar tersebut.

Daerah pemasaran mereka sudah mencakup Sulawesi Utara bahkan luar daerah secara umum dapat dilayani walaupun secara merata. Untuk itu demi mencapai hasil yang lebih baik dan dapat dipertahankan untuk masa depan usaha tersebut perlu penguatan jiwa entrepreneur dan pembukuan yang praktis untuk melengkapi kemajuan usaha para petani Budidaya Ikan Air Tawar di desa Eris Kecamatan Eris.

Dengan memperkuat jiwa Entrepreneur di harapkan, harapan Petani dan Pemerintah bisa di capai sehingga kelanjutan usaha dan kesejahteraan masyarakat semakin baik dan meningkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here