Tim Penilai Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Apresiasi Kinerja Kepemimpinan Bupati Sumendap

0
83

Mitra, Bunaken.co.id – Penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap diapresiasi. Hal itu terungkap saat Tim Penilai Kabupaten Sehat Tingkat Nasional kala menyambangi Kabupaten Mitra, Rabu (9/10/2019).

Kunjungan dari tim penilai dibawah Ketua Aris Munandar dari Kementerian Dalam Negeri RI dimulai dengan memantau kantor dan pelayanan di Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Blok A Kantor Bupati.

99

Terkait pantauan tersebut, Munandar mengatakan penilaian ini guna menguji peningkatan predikat Mitra sebagai Kabupaten Sehat dari tingkat Padapa menjadi Swastisaba Wiwerda.

Ia mengaku, ini bukan kali pertama bagi Kabupaten Mitra. Karena tahun 2017 bukan untuk naik tingkat. “Artinya ingin melihat keberhasilan-keberhasilan dalam dua tahun ini. Tingkat peningkatan yang hendak diraih, sesuai tema menuju Swastisaba Wiwerda,” jelasnya.

Ia menegasakan, komitmen Bupati untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, menurutnya harus dibuktikan dengan penilaian yang terukur dan jelas. “Terima kasih atas kinerja Pemda atas penyelenggaran Kabupaten/Kota Sehat,” akunya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah sangat bagus. Ini merupakan tanggung jawab kepala daerah untuk melihat bagaimana peningkatan kesejahteraan rakyatnya. Misalnya, melihat bukan hanya orang yang meninggal, tapi juga memperhatikan keluarga yang ditinggal dengan dana kedukaan.

Untuk menaikan tingkat ke Swastisaba Wiserda, kata ketua Tim Penilai ada empat tatanan dari beberapa indikator khusus yang harus diimplementasikan Pemkab Mitra. Diantaranya tatanan pemukiman dan sarana sehat, perkantoran sehat, industri sehat, dan ketahanan pangan dan gizi.

Ia mengungkapkan, sesuai rapat evaluasi maka pihaknya menyimpulkan respon pemerintah dan masyarakat sangat tinggi melalui apa yang dilihat. Selain itu, lokus tatanan yang diusulkan sangat serius ditampilkan masyarakat, baik itu pihak terkait dan dukungan lintas sektor. Serta dinas yang terlibat, kami kagum keterlibatan para camat dan hukum tua.

Tim penilaian tersebut turut menyambangi sejumlah Puskesmas dan sekolah, guna melakukan penilaian peningkatan Kabupaten Sehat Mitra dari Padapa menuju Swastisaba Wiwerda.

Untuk diketahui, hasil penilaian nanti akan diplenokan di awal November, untuk 167 Kabupaten/Kota secara serentak.

Adapun Tim Penilaian terdiri dari Kementerian Kesehatan Lucky Aris Suryono selaku JFU Subdit PUTK turut, didampingi jajaran Pemkab Mitra Asisten Satu Hani Rolos, Asisten Dua Joutje Wawointana, Asisten Tigs Frits Mokorimban serta para kepala dinas dan Kabag Humpro Arnold Mokosolang. (Pdt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here