Deteksi Resiko PTM, Dinkes Kotamobagu Mengajak Masyarakat Hidup Sehat

0
78

Kotamobagu, bunaken.co.id – Bertempat di Kantor Kelurahan Biga, Senin 5 Agustus 2019 dilaksanakan Sosialisasi Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM). Kegiatan ini kerjasama dengan Dinkes Kota Kotamobagu.

IMG_20190805_104404-1036x492

Sosialisasi ini dihadiri seluruh perangkat Kelurahan Biga dan juga Masyarakat serta dibuka langsung Kepala Dinkes Kotamobagu, Ahmad Yani dan Camat Kotamobagu Utara, Ariono Potabuga juga Lurah Biga, Ronald Mokoginta.

Kepala Dinkes Kotamobagu dalam sambutannya, PTM sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir, beban biaya berobat pun sangat tinggi.

Oleh karena itu upaya yang terbaik adalah dengan mencegah kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya.

Melalui kegiatan sosialisasi deteksi dini itu, dia berharap, bagi masyarakat yang sehat untuk dapat dipertahankan agar tetap sehat, dan yang beresiko diupayakan agar kondisi faktor resiko peyakit tidak menularnya dapat normal kembali.

Sementara bagi yang sudah menyandang PTM untuk mencegah komplikasi, kecacatan, dan kematian dini serta meningkatkan kualitas hidup sehat.

“PTM ini ada 20 jenisnya, tetapi yang dominan saat ini adalah Hipertensi, Stroke, Jantung Koroner, PPOK, Gagal Ginjal, Ostereoporosis, dan Kanker, utamanya Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara”, ungkap Ahmad Yani.

Ronald Mokoginta, Lurah Kelurahan Biga berharap dengan adanya sosialisasi kesehatan masyarakat dapat tercapainya satu indikator untuk merubah pola kesehatan masyarakat terhadap penyakit tidak menular.

“Oleh sebab itu, mengendalikan faktor resiko yang dapat diubah seperti merokok, kurang aktifitas fisik, diet yang tidak sehat, mengkosumsi minuman beralkohol serta lingkungan yang sehat menjadi mutlak diperlukan untuk mencegah PTM,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here