Kodim 1303/BM Menerima Kunjungan Tim Penilai Lomba Binter 2019

0
237

Kotamobagu, bunaken.co.id – Komando Distrik Militer 1303 Bolmong menerima kedatangan Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial atau Binter untuk tingkat Kodim dari Korem 131/STG dan Kodam XIII/MDK Rabu pagi (19/6).

IMG_20190619_092800-1036x492

Kedatangan Tim Penilaian Lomba Binter ini diterima langsung Dandim 1303/BM Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, S.Sos didampingi oleh Bupati Bolmong Dra. Yasti Mokoagow, Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara dan Wakil Bupati Bolmut, Bolsel dan Boltim, Kapolres Kotamobagu, Ketua DPRD Kabupaten Bolmong, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Kepala Pengadilan Kotamobagu.

Penilaian lomba Binter ini dimaksudkan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan program kerja TNI-AD Bidang Binter oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil).

Disampaikan oleh Ketua Tim Penilaian Kolonel Arm Dedi Nur Hadiman, S.ip bahwa Kegiatan lomba Binter ini sebagai sarana kompetisi antar Satkowil Tingkat Kodim khususnya dalam penyelenggaraan pembinaan teritorial baik kegiatan program maupun non program serta pembinaan satuan, sehingga diperoleh Kodim terbaik yang dapat dijadikan contoh bagi Kodim-Kodim lain.

“Bagaimana implemantasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan Kodim dari situ akan kita nilai sampai sejauh mana persentasi yang dilakukannya selama bertugas,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, ada perbedaan penilaian terhadap pelaksanaan binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu menggunakan klasifikasi utama, madya dan pratama.

Sedangkan tahun ini penilaiannya terbagi menjadi 4 tipe klasifikasi Kodim, yaitu A, B, C dan D. “Untuk klasifikasi Kodim tipe A merupakan Kodim yang berada di wilayah ibu kotanya provinsi, sedangkan klasifikasi Kodim tipe B berada di daerah perkotaan dan Kabupaten, sementara untuk kodim yang berada di pulau terluar dan daerah rawan termasuk ke dalam kategori tipe C dan D.

“Tujuan dibuat klasifikasi 4 tipe itu agar dalam penilaian setiap satuan yang dilombakan sama kekuatan dengan kemampuannya. Karena, jika diadu dengan klasifikasi berbeda maka sudah pasti klasifikasi wilayah Kota yang menang,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here