Peringati Hari Lahir Pancasila, Jantje Lomboan : Kita Harus Optimis Menatap Masa Depan

0
150

Kotamobagu, bunaken.co.id – Cabang Dinas Pendidikan Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Provinsi Sulawesi Utara, menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juni 2019.

FB_IMG_1559400758844

Pengawas Dikmen Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Jantje Lomboan yang menjadi inspektur upacara di Lapangan SMK 2 Kotamobagu, memaparkan dalam sambutannya “Salam Pancasila, kita sebagai bangsa Indonesia harus terus-menerus bersatu menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa sebagai pemimpin.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa kita harus tetap semangat dalam Hari Lahir Pancasila ini “Kita harus menyuguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi. Semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan.” katanya.

Lanjutnya “Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat,” hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-niali Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun ‘Tamansari Kebudayaan’ yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat dimana Indonesia dan Pancasila adalah rumah kita semua.

Budaya politik yang tidak menimbulkan ketakutan. Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,” tuturnya.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila saat ini, seluruh Kepala Sekolah SMU Se-Kotamobagu dan Kabupaten Boltim, mengikuti Upacara Bendera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here