oleh

Pemkota Tomohon Tingkatkan Peran Serta Kepemudaan

Tomohon, Bunaken.co.id – Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi membuka sekaligus menjadi pemateri dalam kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan Kota Tomohon tahun 2019, bertempat di Aula Kristianitas Tomohon, Rabu (10/4/2019).

Dalam sambutannya Asisten II menyampaikan organisasi kepemudaan adalah wadah pengembangan potensi pemuda, pembangunan kepemudaan dilaksanakan dalam bentuk pelayanan kepemudaan. “Mencermati posisi strategis pembangunan kepemudaan dalam konteks keberlangsungan suatu bangsa dan sejalan dengan tantangan kepemudaan dalam realitas kehidupan sosial politik maka peningkatan kwalitas pemuda sebagai sumber daya manusia yang sarat dengan keunggulan kapasitas dalam berbagai aspek kehidupan,” terangnya.

IMG-20190410-WA0137

Lanjut Karouw, maka tugas dan tanggung jawab membangun kepemudaan yang bentuknya adalah pelayanan kepemudaan perlu persiapan dengan matang, sistematis, berkesinambungan dan dilaksanakan secara bertanggung jawab, difasilitasi oleh pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan atau organisasi kepemudaan yang dilaksanakan melalui pendidikan, pelatihan, pengkaderan, pembimbingan, pendampingan dan atau forum kepemimpinan pemuda.

Ia juga menguraikan tugas dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagaimana dalam pasal 45 UU Nomor 40 Tahun 2009 adalah memfasilitasi organisasi kepemudaan untuk mempersiapkan generasi pewaris dan penerus pembangunan bangsa dan mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Sehubungan dengan tugas dimaksud maka pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) melaksanakan kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan dalam rangka peningkatan peran serta kepemudaan dalam pembangunan kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan di Kota Tomohon tahun 2019 hendaknya tidak hanya sebatas pada rutinitas secara formal atau seremonial semata, melainkan perlu dimaknai sebaga pemanfaatan momentum dimaksud secara lebih strategi,” ungkap dia.

“Semangat ini perlu untuk memperkuat memperkokoh, merawat, dan menjaga Nasionalisme Pemuda Indonesia untuk bersatu, maju, menjawab berbagai tantangan zaman dan menangkap peluang seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang Kepemudaan terlebih khusus pemuda yang ada di Kota Tomohon. amanat ini berkaitan dengan peran aktif pemuda di segala bidang pembangunan,” tandas Asisten Perekonomian mewakili Walikota Tomohon.

Kepala Disporan Drs Ventje Karundeng dalam laporan menjelaskan bahwa pembangunan kepemudaan bertujuan untuk terwujudnya pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Maha Esa, berahlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia hal tersebut sesuai yang di amanatkan dalam UU Republik Indonesia No 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan khususnya Pasal 3.

Hadir sebagai pemateri Christo B Eman SE, DR Valentino Lumowa yang merupakan Dosen Filsafat Unika Della Sale Manado, Toar Pangkey ST MT Ketua Forum Pelita Kota Tomohon. (Pdt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed