Guna Cegah Penularan Rabies, Senduk Sosialisasikan Perda ke Masyarakat

0
221

Tomohon, Bunaken.co.id – Terkait pengendalian dan penanggulangan rabies di Kota Tomohon, Caroll Senduk selaku anggota DPRD Kota Tomohon turut ambil bagian melalui sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pengendalian dan Penanggulangan Rabies kepada masyatakat Kelurahan Kayawu dan Tinoor Satu, Senin (25/3/2019).

Senduk menuturkan, Perda tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat dari resiko terjangkitnya penyakit rabies di Kota Tomohon dan menjadikan landasan hukum mengatur pemeliharaan dan pengawasan lalu lintas hewan penular rabies serta melakukan pencegahan dan penanggulangan rabies.

“Perda tentang pengendalian dan penanggulangan rabies dibuat dengan meletakan dua tujuan dasar secara seimbang yaitu di satu sisi menjamin dan melindungi kepentingan umum berupa hak-hak masyarakat yang bersifat azasi dan berkenaan dengan ketertiban serta ketentraman masyarakat dari ancaman penyakit rabies serta hak-hak masyarakat atas kesehatan umum berupa pencegahan dan keterhindaran dari serangan atau keterjangkitan rabies,” terangnya.

Sebelumnya, Jhoni Sualang selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Fasilitasi Anggaran Sekretariat DPRD Kota Tomohon saat membuka mengatakan melindungi masyarakat dari resiko terjangkitnya penyakit rabies dari hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera dan hewan penular rabies, perlu diatur mengenai pengendalian dan penanggulangannya. (Pdt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here