Unik, Ratusan Ibu Persit Buat Rumah Pembibitan Dari Botol Plastik

0
49

Manado. Bunaken.co.id – Mengurangi sampah plastik tentunya sangat perlu agar lingkungan tidak terlihat kotor dan mencegah terjadinya bencana alam berupa banjir.

Sampah-sampah di setiap rumah tangga dan perkantoran dapat di olah sekreatif mungkin. Contohnya, Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Candra Kirana Cabang XVII Dim 1309 Koorcab Rem 131 PD XIII Merdeka Hotma Elvino bersama ratusan persit lainnya mengolah sampah plastik menjadi sesuatu yang unik.

Ketua Persit Candra Kirana Cabang XVII Dim 1309 Koorcab Rem 131 PD XIII Merdeka bersama 250 persit yang tergabung dari enam ranting membuat sesuatu yang unik yang terbuat dari sampah plastik. Dengan menggunakan kurang lebih 5.388 botol plastik, para persit ini berhasil membuat sebuah rumah botol di lahan tidur samping markas Kodim 1309/Manado.

“Ini lahan tidur yang sudah lama tidak terpakai, lahan ini biasanya dipakai untuk perkemahan pramuka. Pembuatan rumah botol ini juga menggabungkan dengan penggunaan botol bekas terutama kemasan plastik, karena itu merupakan limbah rumah tangga dan perkantoran yang bisa kita manfaatkan dan olah menjadi rumah botol untuk rumah pembibitan,” Jelas Ketua Persit Candra Kirana Cabang XVII Dim/1309 Koorcab Rem/131 PD XIII/Merdeka Hotma Elvino.

Selain itu, ada juga 95 jenis tanaman yang ditanam, baik itu tanaman obat, pangan dan juga tanaman hias.

“Selain dari pada itu, kami juga mengolah sampah rumah tangga seperti biji cabe, tomat, akar seledri, daun bawang kami tanam kembali untuk keperluan rumah tangga. Kami juga mengolah sampah basah untuk dijadikan kompos,” ujarnya.

Dengan pembuatan rumah botol untuk pembibitan ini, Hotma berharap dapat dijadikan contoh oleh masyarakat sekitar agar dapat meminimalisir pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Saya berharap ini akan menjadi contoh bagi banyak orang, dan setiap ranting membuat seperti ini juga dan 250 ibu-ibu yang terlibat membuatnya di tiap rumah masing-masing,” pungkasnya.

Rumah botol untuk pembibitan ini juga sudah mendapat kunjungan dari SMP N 1 Manado, dan rencananya mereka akan membuat hal yang sama di sekolah untuk di lombakan. (Afr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here