Manado, Bunaken.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat paripurna, Senin(19/11/2018) pagi, dalam rangka pengambilan keputusan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulut Tahun Anggaran (T.A) 2019.

19 NOV 1Sebagaimana diketahui bahwa pembahasan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Sulut bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sulut telah selesai, maka lewat rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Ranperda APBD Tahun Anggaran 2019 disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).
19 NOV 2Politisi Partai Golkar Sulut Inggried Sondakh yang membacakan laporan hasil rapat Banggar DPRD Sulut terhadap Ranperda APBD Sulut T.A 2019 mengatakan bahwa laporan yg dibacakan berisikan masukan terhadap Pemerintah untuk kemajuan Sulut kedepan. “Penyampaian Laporan ini merupakan hasil pembahasan yang berisikan bahan masukan bagi pemerintah untuk kemajuan Sulawesi Utara kedepan,” Ujar Sondakh.

19 NOV 3Tak lupa juga Sondakh yang mewakili DPRD Sulut mengucapkan terimah kasih kepada Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw yang bersikap responsif dan kooperatif dalam memberikan masukan, data dan informasi.19 NOV 4“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada perangkat daerah pemerintah Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw yang bersifat responsif dan kooperatif dalam memberikan masukan data dan informasi sehingga badan anggaran DPRD bersama TAPD Provinsi Sulut dapat melaksanakan pembahasan dengan cepat dan tepat, singkat berlndaskan norma dan aturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Sondakh.19 NOV 6Sondakh juga membacakan rincian anggaran Pemerintah Provinsi Sulut tahun 2019 yang adalah sebesar Rp.4.098.657.797.000,- (Empat Trilyun Sembilan Puluh Delapan Milyar Enam Ratus Lima Puluh Tujuh Juta Tujuh Ratus Sembilan Puluh Tujuh Ribu Rupiah), dan Total Belanja Daerah Provinsi Sulut Tahun 2019 sebesar Rp.4.504.485.841.000,- (Empat Trilyun Lima Ratus Empat Milyar Empat Ratus Delapan Puluh Lima Juta Delapan Ratus Empat Puluh Satu Ribu Rupiah).
19 NOV 7

Banggar DPRD Sulut melalui Inggried Sondakh juga memberikan 19 catatan penting untuk bisa diperhatikan oleh Pemprov Sulut ditahun 2019, antara lain:

  1. Diharapkan agar beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa berprestasi dan kurang mampu ditambahkan dalam APBD Provinsi Sulut TA 2019, dan perlu adanya standarisasi bagi penerima beasiswa.
  2. Dimintakan adanya penambahan Laboratorium Komputer di Politeknik Negeri Manado, serta perhatian untuk lembaga-lembaga pendidikan bagi anak autis.
  3. Diharapkan pada Pemprov Sulut untuk dapat membangun sekolah SMK/SMA unggulan disetiap kanupaten/kota.
  4. Diharapkan Pemprov dapat segera menyelesaikan kendala pembayaran gaji guru honorer SMA/SMK yang sekarang menjadi kewenangan Pemprov Sulut, serta perlu adanya perhatian terkait permasalahan alih tanggung jawab aset SMA/SMK yang sebelumnya menjadi aset pemerintah Kab/Kota.
  5. Mengusulkan kepada Dinas Kesehatan Untuk membangun puskesmas dan tenaga ahli medis, perawat, bidan serta mobil ambulance di desa-desa terpencil.
  6. Pelayanan pasien BPJS sangat diharapkan untuk lebih ditingkatkan lagi sistem dan mekanisme pelayanannya agar tidk merugikan masyarakat.
  7. Mengusulkan kepada Pemprov Sulut melalui dinas terkait untuk membangun/memperbaiki ruas jalan dibeberapa dearah.
  8. Diharapkan kepada Pemprov Sulut agar dapat membangun tempat resting area dua arah diruas jalan Manado-Tomohon.
  9. DPRD msngharapkan kepada Pemprov Sulut untuk dapat membangun penerangan jalan dititik rawan kecelakaan dan rawan tindak kriminalitas.
  10. Diharapkan Pemprov Sulut dapat memperhatikan program kegiatan terkait sarana prasarana kebudayaan serta perlu adanya program dan kegiatan yang konkrit untuk memperkenalkan budaya daerah.
  11. Mengusulkan dibidang pariwisata dalam mempromosikan daerah-daerah pariwisata di Sulut, tidak lagi dilkukan secara konservativ melainkan melalui media sosial atau media online.
  12. DPRD mengusullkan agar perlu adanya pembangunan/perbaikan untuk failitas olahraga yang ada di KONI guna menciptakan atlit yang berkualitas.
  13. Mengusulkan kepada Pemprov Sulut agar dapat meningkatkan kegiatan penyuluhan DEMPLOT bagi petani di kab/kota agar terciptanya ahli teknologi dan pengetahuan bagi petani.
  14. Diharapkan pada Pemprov Sulut untuk menekan angka pengangguran serta memberikan pelatihan khusus bagi anak putus sekolah guna menciptakan SDM yang berkualitas.
  15. Penyaluran bantuan ke panti-panti agar lebih adil dan merata dan mensosialisikan kepada yayasan panti mekanisme memperoleh bantuan tersebut.
  16. Diharapkan kepada Pemerintah Daerah agar dapat memberikan 1 unit kendaraan sampah didaerah kepulauan dan dapat memberikan biaya bebas perjalanan laut sebulan sekali bagi mahasiswa dari daerah kepulauan.
  17. DPRD mengharapkan Pemprov Sulut agar segera mendapatkan solusi bagi harga kopra yang semakin menurun.
  18. Diharapkan agar aspirasi dari masyarakat yang dituangkan dalam laporan Reses oleh para anggota DPRD Sulut dapat dimasukan dalam Ranperda APBD Sulut TA 2019.(Advetorial/ffw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here