Andre Mongdong : Infokom Harus Melihat Media Yang Terverifikasi Faktual Dewan Pers

0
283

IMG-20181108-WA0007

Kotamobagu, bunaken.co.id – Pentingnya Keterbukaan terhadap informasi Publik kepada Badan Publik, Rabu (07/11) Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Informasi Dan Komunikasi Kotamobagu melaksanakan Sosialisasi Undang-undang No 14 tahun 2008 di Aula Rudis Walikota Kotamobagu.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kotamobagu, Adnan Masinae mengatakan sekarang masyarakat sudah mempunyai hak untuk mengetahui informasi proses kegiatan pemerintahan.

Justru dengan adanya keterbukaan Informasi, diharapkan seluruh SKPD membentengi diri untuk tidak membuat sesuatu hal yang tidak diinginkan atau yang melanggar aturan, karena dengan adanya keterbukaan informasi maka masyarakat dan media dapat mengoreksi serta mengevaluasi kinerja kita.

Bicara soal kegiatan keterbukaan informasi, Andre Mongdong Ketua Komisi Informasi Publik Sulawesi Utara Mengatakan Kepada bunaken.co.id Infokom Kotamobagu harus benar-benar bisa melihat media mana yang sudah terdata atau terverifikasi Faktual dengan Dewan Pers bukan sekedar Kedekatan pribadi baru bisa bekerjasama dengan Pemerintah.

Menurutnya jika media belum terverifikasi oleh Dewan Pers maka media itu belum resmi disebut sebuah media, seperti “Kita sedang kuliah tapi belum dapat Ijasah,” tapi bukan berarti media yang belum terverifikasi faktual Infokom Kotamobagu membiarkannya, karena ia pun meyakini banyak media yang sudah terdaftar tinggal tunggu hasil Dewan Pers untuk memberikan Verifikasi faktual.

Dengan begitu tidak ada lagi berita hoax atau memberikan informasi yang salah kepada masyarakat, yang dilakukan oleh media-media yang kurang jelas, lanjutnya

Dengan adanya kegiatan ini Andre berharap agar Informasi dapat terbuka dan transparan sehingga masyarakat mengetahui sebenarnya suatu kegiatan melalui peran pers dalam pemberitaan.

Pada sosialisasi tersebut dilaksanakan selama dua hari dihadiri sekitar 150 peserta yaitu SKPD, Camat dan Lurah serta sangadi, juga peserta dari masyarakat. (michael)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here