Wartawan Biro Minsel Bentuk AJMS

0
367

Amurang, Bunaken.co.id – Bertujuan menggalang persatuan sesama insan pers dan meningkatkan profesionalitas, para wartawan yang bertugas di Kabupaten Minsel membentuk Aliansi Jurnalis Minahasa Selatan (AJMS).

Pembentukan AJMS ini digalang tiga organisasi yakni Forum Pers Minsel (FPM), Perjur Minsel dan Juarnalis Independen Minahasa Selatan (JIMS).

Pertemuan perdana sekaligus pembentukan organisasi ini dihadiri 48 wartawan biro Minsel yang dilaksanakan di RM Hello Pantai Alar, Kelurahan Pondang, Amurang Timur, Kamis (1/11/18).

Rul Mantik wartawan Media Sulut yang ditunjuk sebagai salah satu Steering Committee (SC) mengatakan pembentukan AJMS digagas dalam upaya mempersatukan wartawan Minsel.

Sebab sebelumnya terkesan para wartawan biro Minsel terkesan terkotak-kotak dengan adanya tiga organisasi. Selain itu juga penyatuan ini menjadi tuntutan masyarakat.

“Gagasannya memang AJMS sebagai wadah pemersatu. Makanya kami menggunakan nama Aliansi karena gabungan dari tiga organisasi yang telah terbentuk sebelumnya,” kata Mantik.

“Ini juga sebagai upaya memperkuat posisi dari wartawan sekaligus memberikan perlindungan. Sebab selama ini kedua hal tersebut sulit didapat lantaran terpecah-pecah,” jelasnya.

Senada dikatakan Hanny Pantow, wartawan media online Suara Kawanua, bahwa AJMS sebagai media pemersatu. Apalagi dalam agenda kerjanya nanti, akan mengupayakan peningkatan kemampuan jurnalistik anggotanya. Dengan demikian dapat menyajikan informasi lebih baik pada masyarakat.

“Semoga ini menjadi yang terakhir organisasi wartawan di Minsel. Bisa dikatakan AJMS adalah wadah yang menaungi seluruh wartawan bertugas di Minsel. Apalagi tiga organisasi sebelumnya telah melebur disini,” terang Pantow.

AJMS yang baru terbentuk tidak memiliki ketua akan tetapi kepengurusannya berupa Presidium berjumlah tujuh orang.

Ketujuh Anggota Presidium yang terpilih yaitu Rull Mantik, Victor Ratumbanua, Hanny Pantow, Adolof Mamoto, Vandi Talumepa dan Ronald Mamoto.

Selain Anggota Presidium dalam organisasi ini terdapat pembina yang diisi oleh Alosius Petrus, Christian Ngau, Simon Manorek, Andries Pattyranie dan Alon Rumagit. (jry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here