Peringati Sumpah Pemuda, Pemkab Minahasa Gelar Apel Korps

0
229

 

Minahasa. Bunaken.co.id.- Memperingati hari sumpah Pemuda ke 90, pemerintah kabupaten Minahasa menggelar apel Korps Pegawai Republik Indonesia yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Minahasa.

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, M.Si, juga diikuti oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, Ketua DPRD Kab. Minahasa James Rawung, SH, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, Para asisten, jajaran pemerintah Kab. Minahasa, Perwakilan dari KNPI Minahasa, dan GAMKI Minahasa serta ASN dan siswa-siswi peserta upacara.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, M.Si menyampaikan, 28 oktober adalah hari bersejarah dimana kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. “Hari sumpah pemuda kali ini bertema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’ tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,cerdas, kreatif,inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mngatakan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sesuai Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju.

“Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena Revolusi Mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti dapat menghasilkan bangsa yang hebat,”kata Bupati.

Berkaitan dengan Tahun Politik, Bupati mengatakan 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI dan DPRD. Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan.

“Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas. Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakam sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekiniai dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebik baik,”jelas Roi Roring.(onike)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here