Jadi Irup Sumpah Pemuda, Kaaowan Bacakan Pesan Menpora

0
166

Amurang, Bunaken.co.id – Sekda Kabupaten Minsel, Denny Kaaowan menjadi Inspektur Upacara (Irup) mempringati 90 tahun Sumpah Pemuda, yang digelar di lapangan Kantor Bupati, Senin (29/10).

Pada kesempatan itu Kaaowan membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nawawi.

Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengambil tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’.

“Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Kaaowan mengutip sambuatan Menpora.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara,” terangnya.

Dia menegaskan, revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju.

“Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” katanya.

“Oleh karena itu Revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” pungkasnya. (jry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here