Mendukung Program Pemerintah, TNI Siap Meningkatkan Produksi Beras

0
543

IMG-20180828-WA0027

Bolmong, bunaken.co.id – Dengan tema “Wujudkan swasembada pangan nasional,” Kodim 1303/BM melaksanakan kegiatan tanam perdana padi di sawah baru. Senin (27/08) di desa pusian kecamatan dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Dalam kegiatan tanam perdana tersebut dipimpin langsung oleh Bpk. Danrem 131/Stg Brigjen TNI Robert Josep Giri Bersama Direktur perluasan dan perlindungan lahan Ir.Indah Megawati.

Danrem 131/Stg Brigjen TNI Robert Josep Giri menyampaikan bahwa cetak sawah baru merupakan program pemerintah untuk menuju swasembada pangan Nasional berkelanjutan.

Sesuai program pemerintah maka TNI berusaha untuk meningkatkan produksi beras, salah satunya dengan kegiatan tanam perdana yang diharapkan pada tahun 2018 sekitar 200 HA sawah di kabupaten Bolmong bisa terlaksana.

Kegiatan ini bisa terlaksana berkat dukungan dari Menteri Ketahanan Pangan juga dorongan dari pemerintah yang sudah bersama-sama mendukung TNI untuk meningkatkan kesejahteraan petani dalam memproduksi beras, sehingga pemerintah dapat mengexport beras ke negara lain.

Karena Indonesia memiliki banyak lahan pertanian, seperti di desa pusian dimana kita membuka lahan baru untuk dijadikan persawahan, terangnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Perluasan dan perlindungan lahan Republik Indonesia Ibu Ir. Indah Megawati menambahkan bahwa target pemerintah di tahun 2045 nanti Indonesia akan menjadi Swasembada Internasional,

Indah Megawati memberikan apresiasi kepada pihak TNI dan masyarakat Desa pusian atas terselenggaranya kegiatan perluasan cetak sawah ini.

Sehingga kedepan pemerintah dapat menjamin ketahanan pangan melalui perluasan cetak sawah dan penanaman padi sawah secara serentak.

Nofri Wowiling, M.Si Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara mengatakan cetak sawah baru ini merupakan program pemerintahan Jokowi guna menuju Indonesia swasembada pangan Nasional berkelanjutan sedangkan untuk alokasi cetak sawah baru di sulawesi utara adalah 500 HA, khusus di wilayah Bolmong mendapatkan jatah 200 HA dan saat ini sudah mencapai 60%.

Wowiling dalam kesempatan itu tidak lupa untuk memberikan motivasi dan harapan kepada seluruh pemilik lahan sawah untuk pelihara sawahnya hingga target pemerintah untuk mensukseskan swasembada pangan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri sekitar 150 orang dari masyarakat, poktan, Brigjen TNI Robert Josep Giri (Danrem 131/Stg) bersama Ibu, Ir.Indah Megawati (Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan RI) Nofri Wowiling M.SI (Kadistanak Prov) Kolonel Inf. Daryatmo (Paban III Wamwil Sterad) Kolonel Czi Muhamad Andi Kusuma (Kasiren Rem 131/Stg) bersama Ibu, Letkol Arm Brantas (Kasiter Rem 131/Stg), Letkol Inf. Sigit Dwi Cahyono S.Sos (Dandim 1303/BM) bersama Ibu. Remon Ratu SP MM (Kadistan Kab. Bolmong), Ir. Yudha Rantung (Asisten II Kab. Bolmong), Mayor Inf. Syamsul Ma,arif (Pabung Bolmong), Kapten Inf. Jani Mamangkay (Danramil 08/Bolaang Uki), Kapten Inf. Asrak Badarun (Danramil 02/Passi), Lettu Inf. Muyasir S.Sos (Kasiter Dim 1303/BM) Lettu Inf. Felisianus Felix Rawung (Danramil 07/Dmg), Iptu Nico Tulandi (Kapolsek Dumoga Timur), Heliek Manggopa SE MM (Camat Dumoga) bersama Kepala Desa se Kecamatan Dumoga dan perangkat Desa. (michael)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here