Walikota JFE Inspektorat SebagaiQuality Assurance

0
449

Tomohon,bunaken.co.id – Bertempat di ruang rapat hotel Four Points Manado diselenggarakan Bimbingan Teknis Audit Kinerja Dalam Rangka Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), senin (4/6/2018) dibuka oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE,Ak, sekaligus sebagai narasumber.
IMG-20180604-WA0023
Bimbingan Teknis ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Propinsi Sulawesi Utara Hengky Kwinhatmaka,SE, MM, yang juga sebagai narasumber, dan Inspektur Kota Tomohon Ir. Djoike Karouw, M.Si.

Walikota Tomohon Jimmy F.Eman SE,Ak, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam organisasi pemerintah, fungsi pengawasan merupakan tugas dan tanggung jawab kepala pemerintahan.

“Untuk mengikuti prinsip-prinsip organisasi, maka tugas dan tanggung jawab pimpinan tersebut diserahkan kepada pembantunya yang mengikuti alur distribution of power sebagaimana yang diajarkan dalam teori-teori organisasi modern.” tutur walikota JFE

Lanjutnya Inspektorat sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah berperan sebagai Quality Assurance, yaitu menjamin bahwa suatu kegiatan dapat berjalan secara efisien, efektif dan sesuai dengan aturannya dalam mencapai tujuan organisasi.

“Titik berat pelaksanaan tugas pengawasannya adalah melakukan tindakan preventif yaitu mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan program dan kegiatan oleh Perangkat Daerah serta memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah terjadi untuk dijadikan pelajaran agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak terulang di masa yang akan datang.” Tegas Eman

Sementara dalam laporannya Inspektur Kota Tomohon DjoikeKarouw menjelaskan maksud diselenggarakannya bimbingan teknis ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme Aparat Pengawas Internal Pemerintah Kota Tomohon serta tujuannya yaitu terwujudnya pengawasan internal pemerintah yang profesional dalam melaksanakan audit kinerja. Imbuh karouw(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here