Walikota GSVL Bersyukur Kota Manado Sebagai Kota Paling Toleran Di Indonesia

0
393

Manado. Bunaken.co.id – Tidak tahu menau dan tidak adanya informasi Kota Manado sedang dalam penilaian pada kategori kota paling toleran oleh sebuah lembaga peneliti nasional, kini Kota Manado telah ditetapkan sebagai kota toleran. Bahkan Kota Manado menjadi kota dengan tingkat toleransi tertinggi di Indonesia.

Walikota Manado DR. Ir G. S Vicky Lumentut SH, MSi DEA mengaku kaget dan bersyukur Kota Manado menjadi kota paling toleran di Indonesia.

“Terus terang saja, saat mendapat kabar Kota Manado ditetapkan sebagai kota paling toleran di Indonesia, saya kaget. Karena selama ini tidak ada informasi kepada kami bahwa kota ini sedang dinilai. Tetapi, jika informasi ini benar, kita patut bersyukur, karena kita mampu menjaga keharmonisan dan kerukunan diantara seluruh warga Kota Manado yang berbeda suku, agama dan ras,” terangnya.

Menurut Walikota GSVL yang menjadi dasar penilaian yaitu penghargaan dari Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) kepada Kota Manado pada beberapa waktu lalu sebagai Kota Rukun dan Damai karena bisa menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Nilai-nilai kerukunan dan toleransi di kota Manado ini sudah ada sejak lama. Ketika saya jadi pemimpin di kota ini, saya terus menjaga, memelihara dan merawat nilai-nilai kerukunan itu,”jelasnya.

Dengan ditetapkannya Kota Manado sebagai kota paling toleran di indonesia, Walikota GSVL berharap masyarakat Kota Manado tetap semangat dan solid menjaga sikap yang toleran serta hidup rukun dan damai.

“Rumah besar kita di Kota Manado ini harus terus kita jaga dan pelihara bersama, wadah Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama atau BKSAUA dan didukung Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB Kota Manado itu juga sangat penting,”ujarnya.

Walikota GSVL juga mengatakan hidup bertoleran di Kota Manado bisa dilihat pada saat perayaan keagamaan seperti Natal, Tahun Baru, Puasa Ramadhan, Idul Fitri, dan sebagainya.

Diketahui, dari hasil penilaian Setara Institute Jakarta, Kota Manado mendapat skor tertinggi dalam penilaian kota paling Toleran di Indonesia dengan memperoleh nilai 5,90. (Angel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here