GAMKI Minsel Gelar Doa dan Tabur Bunga, Sumual : Semangat Kepahlawanan Adalah Semangat Persatuan

0
556

Amurang.Bunaken.co.id – Memperingati hari pahlawan yang jatuh 10 November kembali diperingati. Tahun ini mengangkat tema ‘Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri’. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengelar Upacara, Doa dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Bitung Kecamatan Amurang, Jumat (10/11/2017) yang berlangsung khidmat.

22

22Acara tabur bunga dan ziarah itu bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa arwah para pahlawan yang gugur dalam perjuangan merebut, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua DPC GAMKI Minsel Kristy Alfons Sumual mengatakan dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan diartikan sebagai semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

“Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah juga semangat membentuk dan membangun negara,” kata Sumual.

Sumual mengataka bahwa setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri, dan karena itu setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.

“Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa “Pemenang” mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain,” katanya.

Ia juga meminta agar kader GAMKI harus betul-betul bisa memanfaatkan media sosial untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Generasi muda bisa meneladani para pahlawan dengan melihat rekam jejak para pahlawan sehingga menginspirasi dan memotivasi untuk lebih banyak berkiprah sehingga bisa disebut sebagai Pahlawan masa kini.

“Mari kita isi kemerdekaan dengan meneruskan perjuagan para pahlawan membangun Indonesia tercinta. Saya yakin perjuangan kita akan mendapat penyertaan dari Tuhan Yesus sang Kepala Gerakan,” jelas Sumual.

Turut hadir kegiatan ini Pengurus DPC GAMKI Minsel dan PAC GAMKI se Kabupaten Minahasa Selatan, Pramuka SMK Negeri 1 Amurang, Pelayanan Siswa Kristen (Pelsis) Minsel dan warga masyarakat.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here