Komisi III DPRD Sulut ‘PUSH’ Anggaran Untuk Bencana.

0
887

Manado, Bunaken. Co. Id-Anggaran bencana di Anggaran Pendapatan Belajan Daerah (APBD) induk 2018 mendesak, mengingat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) rawan bahkan langganan bencana akhir dua tahun ini.

Mengingat hal tersebut, Ketua Komisi III DPRD Sulut Adriana Dondokambey akan menggenjot alokasi dana untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk diprioritaskan dalam APBD Induk 2018.

“Provinsi Sulut memang rawan akan bencana alam. Jadi nantinya komisi III akan mengenjot anggaran untuk bencana pada rapat nanti,” ujar Dondokambey kepada sejumlah awak media saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (26/09/2017)

Menurut dia, anggaran bencana juga ada dari Pemrintah Pusat juga ada dari Pemerintah Kabupaten/Kota. Jadi anggaran bencana sangat banyak. Sebab itu, jika terjadi bencana misalkan di Minahasa Selatan (Minsel) pemerintah kabupaten harus cepat melaporkan ke Pemrintah Provinsi apa yang dibutuhkan.

“Nantinya dari laporan pemerintah kabupaten akan di tindak lanjut oleh Pemrintah Provinsi. Itu sudah menjadi mekanisme untuk penyaluran bantuan bencana nanti,” terang dia. “Memang untuk APBD-P 2017 untuk anggaran bencana tidak ada,” tambah dia.

Sementara itu, Anggota DPRD Sulut Dicky Makagansa mengatakan, daerah kepulauan sangat rawan dari bencana alam jadi sangat berharap untuk kedepan adanya anggaran bencana agar jika terjadi bencana bisa langsung ditindak lanjuti.

“Tahu-tahun terakhir banyak terjadi bancana di daerah kepulauan, dari tanah longsor hingga banjir bandang. Namun, karena adanya anggaran bencana baik dari pemrintah pusat, Provinsi dan Kabupaten maka masyrakat yang terkena bencana bisa di bantu, misalkan diberikan rumah layak huni,” pungkas dia. (*/Viana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here