Kemenpar Kerjasama Dengan, Dispar Sulut, DMO Bunaken Dan Stakeholder Gelar Rakor

0
917

Manado.bunaken.co.id.- Kementerian Pariwisata bersama Dinas Pariwisata Propinsi Sulawesi Utara, DMO Bunaken dan stakeholder Pariwisata tadi siang Senin 29/08 menggelar rapat koordinasi tindak lanjut rencana aksi program asistensi tata kelola Destinasi Pariwisata khusus cluster Bunaken.

2

Kementerian Pariwisata melalui asiaten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang diwakilkan oleh Suroso, selaku kepala sub bidang pengelolaan fasilitasi destinasi pariwisata khusus Kemenpar mengatakan, kegiatan tersebut tentunya akan berlanjut untuk meningkatkan industry Pariwisata di Indonesia lebih khusus di Sulawesi Utara tepatnya di destinasi Bunaken . Selain itu menurut Suroso, pihaknya terus mendukung semua program yang telah disusun oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara maupun kabupaten kota yang ada.

3

“Kementerian Pariwisata selalu berusaha mendukung program  pemerintah yang ada di kabupaten kota termasuk yang ada di Sulawesi Utara,”tutur Suroso.

Lebih lanjut Suroso menjelaskan bahwa program kepariwisataan harus mendapat perhatian bukan hanya dari internal kementerian pariwisata tetapi dari lintas kementerian, untuk membangun industry pariwisata diberbagai daerah.

Sementara itu Kadispar Provinsi Sulawesi Utara, Daniel Mewengkang dalam sambutannya yang disampaikan oleh Jhon Paerunan mengatakan, untuk mewujudkan visi pembangunan kepariwisataan yaitu terwujudnya Indonesia sebagai Negara tujuan pariwisata kelas dunia, bedaya saing dan mampu mendorong pembangunan daerah, salah satu strateginya yaitu melalui pengembangan tata kelola destinasi.

Lanjut Paerunan, program asistensi tata kelola destinasi pariwisata di Sulawesi Utara adalah kelanjutan dari program Destination Management Organisation atau DMO Bunaken, yang telah dikalsanakan sejak 2011 – 2016 yang salah satunya adalah cluster Bunaken.

“Pada bulan april lalu, telah dilaksanakan rekonsiliasi DMO dengan menghimpun semua pihak terkait untuk mengidentifikasi atraksi, aksesibilitas, amenitas SDM,”kata Jhon Paerunan.

1

Sementara itu salah satu peserta dari Dinas pariwisata Minahasa mengakui kegiatan yang melibatkan seluruh stakeholder Pariwisata di daerah ini sangat memberikan motivasi untuk lebih memberi perhatian pada pengembangan dan peningkatan, pengelolaan Taman laut Bunaken. “Kegiatan seperti ini sangat baik untuk dilakukan dan diharapkan dari pihak kementerian untuk memberikan perhatian dukungan pada kawasan penyangga taman laut Bunaken,”kata Diana, Kabid pariwisata Dispar Minahasa sambil berharap hasil rapat ini dapat dikirim kepada Bupati dan Walikota.

Diketahui rakor yang melibatkan beberapa Dinas Pariwisata kabupaten kota, Balai TNB, unsur TNI Polri dan stakeholder lainnya, dimoderatori langsung oleh Prof Winda M Mingkid sebagai Ketua DMO Bunaken.(sonny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here