Prof Ellen Kumaat : Saya Indonesia, Saya Pancasila

0
799
Manado.Bunaken.co.id.- Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang dipimpin oleh Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat melaksanakan upacara memperingati hari lahir Pancasila, yang berlangsung di lapangan Unsrat, Kamis 01/06/2017.
rektor 2
Pidato Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang dibacakan Rektor Unsrat, bahwa upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang di mulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 juni 1945 yang di pidatokan Ir Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945,” tuturnya
Lanjut Prof Ellen Kumaat, kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang di hantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut.
“Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,”lanjutnya
Sebagaimana diketahui, Presiden mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.
“Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila,” tandas Prof Kumaat.(Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here