Workshop Entry BPK-RI.  4 Hal Penting Jauhi Temuan

0
910

 

Tomohon.bunaken.co.id.-  Pemerintah Kota Tomohon yang diwakili oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan didampingi Kaban Keuangan Daerah Kota Tomohon  Drs. Gerardus Mogi menghadiri Workshop Entry Meeting LKPD TA.2016 bertempat di kantor Perwakilan BPK RI Wilayah Timur Makassar, (29/3).

Anggota III BPK RI Bpk. Prof. DR. Eddy Mulyadi Soepardi, CFr.A, CA , Staf Ahli Kemendagri Bid Ekonomi dan Pembangunan Drs. Hamdani, MM, Wakil Ketua KPK Drs. Saut Situmorang, MM, dan Gubernur Sulawesi Selatan DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.

Anggota BPK RI Prof Dr Bahrulah Akbar saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk memberi pembekalan dan persamaan persepsi terhadap LKPD terkait pemeriksaan entry BPK RI, dimana Workshop dan Entry Meeting merupakan agenda tetap dalam mengaudit laporan keuangan daerah dengan visi misi untuk penyempurnakan beberapa ketentuan dan peraturan yang telah di atur, mendorong pemda untuk lebih meningkatkan transparansi serta akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan penyajian sistem akuntansi berbasis akrual.

“Semua proses ini dilakukan secara berjenjang dan kewajiban bagi pemerintah daerah menerbitkan LKPD merupakan amanah berdasarkan Pasal 56 ayat 3 UU Nomor 1/2004, Untuk itu para auditor inspektorat diharapkan untuk berkomunikasi aktif dengan eksternal BPK maupun internal BPKP. Dan terdapat 4 hal penting dalam menentukan temuan antara lain,  kesalahan administrasi, pemborosan, kemahalan atau fiktiv dan mark up. Empat hal tersebut menjadi dasar dalam pemberian opini,”terang Akbar.

Workshop dan Entry Meeting yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan yang pertama dilaksanakan oleh BPK RI kepada seluruh kepala daerah dan kepala perwakilan BPK di seluruh wilayah Timur Indonesia dengan harapan kedepan sektor pemerintahan harus di buat Clean and Clear dalam pemeriksaan keuangan agar nantinya tidak lagi ditemukan temuan penyala guna anggaran atau korupsi.(effendyiskandar/st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here