Kunjungan Kopertis  IX, Farabi : Apresiasi Rektor Pangemanan

0
957

Tomohon,  Bunaken.co.id – Kepala Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Ketenagaan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Makassar, Ikhan Farabi SSos,  MSi, kepada awak media di Kampus Universitas Kristen Indonesia Tomohon akhir pekan mengatakan, semua aktivitas akademik di UKIT dibawa kepemimpinan Rektor Yopie A Tomi Pangemanan SPd, MM. Sebagai pengawas menurut Faribi, pihaknya terus memantau semua proses apakah berjalan sesuai dengan aturan atau tidak, mulai dari proses akademik sejak awal sampai ujian skripsi.

UJI 2

“Terkait isu UKIT DS AZR Wenas Tomohon dimana kepemimpinan Yopie Pangeman yang dikatakan tidak berproses secara baik, maka kami ingin melihat kesini secara lanmgsung apakah itu benar atau tidak. Dan setelah kami melihat kenyataannya ternyata proses perkuliahan semuanya berjalan sesuai prosedur,” imbuh Farabi.

Lanjutnya disinggung terkait Plt Rektor UKIT, Farabi menjelaskan kalau seorang dosen itu harus memiliki jabatan fungsional yang harus memiliki nomor induk dosen nasional (NIDN) dan dasar pedoman itulah yang harus jadi acuan dari pemerintah.

“Bagaimana caranya dia menduduki jabatan kalau tidak memiliki jabatan fungsional, NIDN sebagai syarat mutlak sebab NIDN adalah pendataan untuk seluruh dosen, dan dari situlah bisa dilihat dosennya dari mana,”kata Farabi.

Ditambahkan Kopertis mengakui kepemimpin Yopie Pangemanan sebab kurang lebih 3 tahun sudah berproses, semua bantuan dibawa kepempinan Yopie Pangemanan itu ada, dengan program berjalan seperti bantuan beasiswa S1, dan sertifikasi dosen. Oleh karena itu pihaknya sudah mengeluarkan surat himbauan agar proses akademik yang ada di UKIT berjalan seperti biasa dengan menggunakan SK yang pertama.

Sementara itu Rektor UKIT Yopie Pangemanan didampingi Dekan Fakultas Hukum Karno Rumondor SH, MH, menuturkan kunjungan Kopertis Wilayah IX  Makassar ini sebagai dukungan dan adanya penegasan lisan di Kantor Kopertis, yang pertama ajuan surat dan kali ini kunjungan langsung.

“Secara rutin pihaknya melaporkan perkembangan dan beberapa tanggapan yang harus ditindaklanjuti, untuk itu Koordinator Kopertis mengutus kepala bidang akademik kemahasiswaan dan ketenagaan untuk melihat langsung proses akademik di UKIT ini adalah bentuk dukungan agar perkuliahan berjalan dengan baik, tidak boleh terganggu dan secara resmi baik Kementrian Dikti maupun Kopertis hanya melayani aktivitas akademik dibawah kepemimpinan Yopie Pangemanan sebagai Rektor dan hari ini benar-benar clear,”tegas Pangemanan.

Ditempat yang sama Jerry Gumerung, Jemmy Timbuleng ketua LAM BEM UKIT usai kegiatan menyampaikan bahwa kunjungan Kopertis IX  bahwa kepemimpinan rektor Yopie Pangemanan sah dan sesuai prosedural,

“Terkait pengangkatan dan pemberhentian Rektor ini dilakukan oleh yayasan atas usul senat Universitas, oleh karenanya maju terus almamater UKIT yang baru menyelesaikan skripsi, mewakili sahabat menyampaikan  selamat berbakti,”(effendyiskandar/st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here