Rakor BPJS Layani Masyarakat Dengan 3 Asas, 5 Program dan 9 Prinsip

0
882

 

Tomohon, Bunaken.co.id – Bertempat di Aula Tulip In Paslaten Kota Tomohon Kamis (23/02/2017) BPJS Kesehatan cabang Tondano Tomohon melaksanakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi antara BPJS Kesehatan dan Kepala Kepala Rumah sakit, terkait jaminan sosial guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perkembangan sistem jaminan sosial setiap warga negara yang berhak mendapatkan jaminan social 9 Perlindungan dasar.

RAKO 1

Kepala BPJS Cabang Tondano drg. Nora Dwita Manurung, MPH,AKK mengatakan, manfaat  jaminan kesehatan bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, pelayanan obat, bahan medis habis pakai sesuai dengan indikiasi medis yang diperlukan.

“Manfaat Medis yang tidak terikat dengan besaran iuran yang dibayarkan, manfaat non medis yang ditentukan berdasarkan skala besaran iuran yang dibayarkan, termasuk didalamnya manfaat akomodasi Ambulans diberikan untuk pasien rujukan dari fasilitas kesehatan dengan kondisi tertentu yang ditetapkan. Pelayanan Kesehatan Yang dijamin pelayanan kesehatan tingkat pertama, pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan pelayanan kesehatan peningkatan kelas perawatan peserta yang menginginkan kelas perawatan yang lebih tinggi dari pada haknya,”urai Manurung.
Oleh sebab itu menurut Manurung, petugas medis agar menyampaikan kepada peserta terkait akan hal ini terkait pengertian dan manfaat yang menjadi hak peserta, harus sesuai dengan sistem 3 azas 50 program dan 9 prinsip.

“Menjadi hak peserta harus melingkupi, asas kemanusiaan, manfaat, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, prinsip jaminan kesehatan kegotong-royongan, Nirlaba, keterbukaan jaminan kecelakaan kerja, kehati-hatian, jaminan hari tua, portabilitas jaminan pensiun, kepesertaan wajib jaminan kematian harus akuntabilitas dan pengembangan program sebesar-besarnya untuk kepentingan peserta,”kata Manurung.

Pada Kegiatan Rapat Koordinasi yang dilaksankaan BPJS Kesehatan Cabang Tondano dan Tomohon ini menampilkan narasumber Kadis Kesehatan Kabupaten Minahasa, Direktur RS Tondano dr Maryani Soronoto Mbiomed, dr Diana Kaunang, dr Nensi Tewuh  Bagian Pelayanan Kesehatan dan Rujukan.(effendyiskandar/st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here