Roeroe : Upayakan, Anak di Tomohon Miliki Akte Lahir

0
963

Tomohon, Bunaken.co.id – Keterbatasan sumber daya dalam melaksanakan tugas di Dinas Catatan Sipil Kota Tomohon, tak membuat Kadis Capil Tomohon Royke Roeroe menyerah dalam melaksanakan tugas.

Roeroe ketika ditemui mengatakan, saat ini pihaknya sementara menyusun rencana strategis kedepan. Dan diharapkan dukungan masyarakat rumus yang sementara disusun diantaranya  paket kebijakan Trhee In One (Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA) Sebagai Satu Paket Kebijakan Dukung Program Pemerintah (Dedicate EMAS) dapat berjalan menuju satu harapan yakni kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ir Royke Roeroe juga mengatakan, tampaknya perlu ekstra kerja keras mengurus berbagai administrasi dokumen kependudukan salahsatunya termasuk KIA dan Akta Lahir Anak.

Lanjut Royke, dalam menjabarkan progres keberhasilan administrasi data ditahun 2016, dengan menyusun rumusan mendukung program pemerintahan Walikota Jimmy F.Eman SE, Ak dan Wawali Sherly A.Sompotan , dasar itulah berkomitmen menjabarkannya dalam satu kebijakan kepada masyarakat, dalam waktu dekat akan melaunching Program (Trhee In One) Discapilduk yang didalamnya reward kepada Lurah berprestasi.
“Mendukung Visi dan Misi Walikota dan Wawali dengan jargonnya Dedicate EMAS, lewat ide dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat berharap dukungan masyarakat agar program (Trhee In One) yang akan diluncurkan mendatang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.” Tutur Roeroe

Dari data Discapil Kota Tomohon, ternyata tercatat anak usia 0 sampai 16 tahun berjumlah 23.243 anak yang hanya memiliki akta kelahiran sebanyak 22.217 anak. Dan  anak yang belum memiliki akta kelahiran sebanyak 1.026. Data ini per tanggal 16 Januari 2017.

“Kami akan maksimalkan layanan terlebih program EMAS, agar semua anak  dari usia 0 sampai 16 tahun di Kota Tomohon memiliki data kependudukan KIA wujud pelayanan Walikota Jimmy F.Eman dan Wakil Walikota Sherly Sompotan,”kata Royke.

Kadiscapilduk Ir Royke Roeroe berharap kerja sama kepala kelurahan juga para orang tua, agar lebih proaktif dalam mendukung program pemerintah kota Tomohon. Karena lewat Pakjan ini akan diberikan reward kepada Lurah berprestasi.
Diupayakan program kebijakan pemerintah dapat berjalan sebab dari akta ini juga akan diurus Kartu Identitas Anak atau KIA ujarnya sambil menambahkan jika pihaknya saat ini kekurangan personil dan sangat membutuhkan SDM yang ahli dibidangnya karena saat ini sebagian staf di Discapilduk merangkap jabatan yang tentunya membuat kewalahan dalam melayani masyarakat.(effendyiskandar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here