Hari Bela Negara, GSVL Ajak Belajar Sejarah Perjuangan

0
511

up-1

Manado.bunaken.co.id.- Memperingati Hari Bela Negara di kota Manado, senin 19 /12 kemarin, pemerintah kota Manado mengadakan upacara yang berlangsung di lapangan Tikala Manado dan bertindak sebagai Pembina upacara yakni Walikota Manado  G.S. Vicky Lumentut.

up-7

Vicky Lumentut dalam sambutannya mengajak untuk mengambil pelajaran dari sejarah untuk menatap masa depan dan bagaimana para pahlawan membela negara dari para penjajah.

up-6
“Pada momentum hari bela negara saya mengajak seluruh masyarakat untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa, sejarah mencatat bahwa Republic Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat,mereka berjuang mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah air dari penjajah” tutur Lumentut.

up-4
lebih lanjut GSVL mengatakan, upaya yang tercatat pada lembaran sejarah 68 tahun yang lalu, pada tanggal 19 Desember 1948 menyatakan membela negara perlu juga kesadaran dari warga indonesia untuk melakukan upaya politik dan diplomasi.
“Membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekutan senjata akan tetapi dilakukan juga setiap warga negara dengan kesadarannya melakukan upaya-upaya politik maupun diplomasi.” Jelasnya.

up-3

Selain itu Walikota juga mengatakan bahwa, pencegahan pencurian ikan di wilaah perairan Indonesia oleh petugas keamanan maupun masyarakat Indonesia merupakan suatu wujud bela Negara.

up-9

 

“Mencegah pencurian ikan di perairan Nusantara, upaya mewujudkan kedaulatan pangan, upaya dapat berdikari dibidang ekonomi dan juga para guru dan bidang kesehatan lainnya yang bertugas di pelosok Negara semuanya termasuk upaya bela Negara,”jelas Vecky Lumentut.

Terlihat hadir dalam upacara selain dari unsure pegawai Pemkot Manado, juga hadir dari unsure tokoh agama, BKSAUA dan dari lembaga swadaya masyarakat.(lipsus/anggel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here