Pelaku Pariwisata Harapkan Jabatan Kadis Pariwisata Kuasai Bahasa Asing

0
805

Manado.bunaken.co.id.-  Makin dekatnya pelaksanaan roling pejabat di lingkup pemerintah Propinsi dan di kabupaten kota yang ada di Sulawesi Utara, membuat para pelaku pariwisata menaruh harapan kepada user yakni Gubernur, Walikota dan Bupati untuk selektif dalam menempatkan seorang kepala dinas di tiap SKPD khususnya dinas Pariwisata.

Esli Matheos salah satu pelaku pariwisata yang berada di Minahasa Utara ketika dimintai tanggapan terkait hal tersebut mengatakan, sebagai pelaku pariwisata ataupun sebagai masyarakat yang sering terlibat dalam kegiatan kepariwisataan, tentunya sangat berharap seorang kepala Dinas Pariwisata memiliki pengalaman di bidang pariwisata, minimal memiliki akses dengan Negara luar.

Bahkan menurut Matheos, seorang kepala Dinas Pariwisata harus menguasai beberapa bahasa asing, agar supaya para tamu yang datang ke daerah ini dapat di hendle langsung oleh kepala Dinas, apalagi tamu yang memiliki jabatan di luar Negara tersebut.

“Tentunya sebagai pelaku pariwisata ataupun sebagai masyarakat yang sering bersentuhan dengan berbagai kegiatan kepariwisataan, sangat berharap jika Gubernur, Walikota dan Bupati dapat menempatkan seorang kepala dinas pariwisata yang memiliki kemampuan sesuai dengan bidang yang dijabatnya. Kadis Pariwisata harus memiliki akses dengan Negara luar dan tentunya harus menguasai bahasa asing,”tutur Matheos seraya menambahkan, jika pejabat yang lama memiliki prestasi dalam pengelolaan pariwisata, sebaiknya user tidak melakukan pergeseran atau roling.

Kendatipun demikian, Eslie mengakui bahwa penetuan jabatan kepala dinas adalah hak dari user dengan berbagai pertimbangan yang diyakini tidak akan salah dalam menempatkan seorang pejabat. Karena ada pengalaman dimana kepala dinas pariwisata yang tidak menguasai bahasa asing, pernah kewalahan dalam menjamu tamu apalagi tamu pejabat penting dari Negara tetangga.

“Saya mengakui bahwa penentuan jabatan merupakan hak dari user. Tapi sebagai pelaku pariwisata ataupun masyarakat tentunya member masukan kepada kepala daerah, untuk dapat menempatkan seorang kepala dinas Pariwisata yang kompeten dalam bidangnya. Jangan sampai ada tamu asing dan Kadis tidak tau mau ngomong apa dalam sambutan menggunakan bahasa inggris,”tegasnya.

Seperti diketahui, dalam waktu dekat ini, Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara dan di beberapa kabupaten kota, dikabarkan hendak melakukan roling kepala dinas.(angel/st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here