Sekda Poli: Aparat Lingkungan Jaga Kamtibmas

0
741

 

Tomohon, Bunaken.co.id – Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR. Arnold Poli, SH.MAP mewakili Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak dalam sambutannya menyampaikan, beberapa hal sehubungan dengan proses penyelenggaraan pemerintahan, khususnya dibidang kamtibmas dan permasalahan lainnya seperti penyalaguna narkotika, mengingat keamanan dan ketertiban merupakan kebutuhan semua pihak, sehingga kewaspadaan dini tidak hanya dilakukan oleh aparat Kepolisian atau TNI saja, akan tetapi peran serta elemen masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing.

kamtib-1

Lebih lanjut Sekot mengatakan dalam kaitan dengan permasalahan narkotika, Peran aparat lingkungan menjadi ujung tombak di wilayah masing-masing, mengingat penyalahgunaan narkotika sudah menjadi masalah luar biasa, maka upaya-upaya yang luar biasa pula tidak cukup dengan penanganan dari aparat penegak hukum saja, akan tetapi harus didukung peran aktif para aparat pemerintahan di lingkup kelurahan dan lingkungan masing-masing, termasuk melibatkan peran serta generasi muda dan masyarakat umumnya.
“Aparat lingkungan menjadi salah satu faktor penentu dalam rangka memberikan pemahaman bahkan memberdayakan dan memobilitasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.” Ungkap Sekot.

Ditambahkan alam menunjang terciptanya kamtibmas, maka diperlukan kewaspadaan dini masyarakat dengan langkah-langkah progresif seperti mengupayahkan hubungan silahturahmi dan interaksi yang baik antar warga serta sedini mungkin dapat mendeteksi atau mengetahui setiap identitas warga dan tamu yang bermaksud menetap di lingkungan masing-masing.

“Aparat pemerintah di lingkup kelurahan dan lingkungan haruslah menunjukan langkah konkrit dengan upaya preventif (pencegahan) berupa deteksi dini di tingkat kelurahan bahkan upaya rehabilitatif berupa dukungan moril bagi mantan pecandu apabila ditemui ada di lingkungan masing-masing untuk dapat diarahkan kembali ke kehidupan sosial yang selayaknya.”Imbuhnya.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Setda Kota Tomohon Toar Pandeirot, S.Pd, MM dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka proses pengintegrasian serta sinkronisasi tujuan dan kegiatan sesuai dengan visi dan misi Walikota Tomohon yang ditetapkan lewat program dan kegiatan masing-masing SKPD, serta meningkatkan motivasi pelayanan public kepada masyarakat Kota Tomohon,’tutup Pandeirot (effendy Iskandar/st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here