Waruga Tonsewer Kubur Kuno Orang Minahasa Terus Terpelihara

0
1173

Tonsewer, Bunaken.co.id – Akhir Pekan Jejak langka membawa penulis sampai ke tempat kuburan kuno orang minahasa yang berada di desa tonsewer kabupaten minahasa.

Dituturkan Om aloy selaku tetua yang menjaga makam kuno orang minahasa ini suda ada sekitar pertengahan tahun 1800an dimana kubur tua ini berfungsi sebagai wadah kubur/ peti mati, yang pada umumnya terbuat dari bahan batuan tufa yang tersedia dan  banyak ditemukan  di daerah Minahasa.

Waruga yang ada tidak jau dari watu pinawetengan ini umumnya berbentuk  kotak persegi empat berbentuk  pola hias manusia (anthropomorphic), binatang dan pola hias geometri / kubus dan 2 berbentuk persegi empat panjang atap rumah atau limas untuk menutupi bagian wadah peti kuno orang minahasa untuk meletakkan mayat orang yang suda meninggal, sedangkan bagian tutupnya umumnya berbentuk kecil ,sedang, dan besar dengan tinggi antara 151 sampai 250 cm. yang konon puluhan dotu dan tonaas ‘penghuni’ waruga diantaranya Dotu Soputan, Dotu Lolombulan,dan Dotu Pantow.

Harapan Waruga ini dapat terus terjaga dan dipelihara sebagai asset kuno orang minahasa.(Iskandar/st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here