oleh

Peringatan HUT Propinsi Ke 52, Gubernur Uraikan Perkembangan Sulut

parip-8

Manado.bunaken.co.id.- Memperingati hari lang tahun ke 52 propinsi Sulawesi Utara, kemarin 23 september 2016 bertempat di ruang rapat paripurna kantor Dewan Sulut, seluruh angota dewan dan SKPD lingkup pemerintah Propinsi melakukan rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Andre Angouw selaku ketua Dewan Sulut.

parip-7

Paripurna yang menelan anggaran ratusan juta rupiah tersebut, dihadiri oleh Gubernur Olly dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, juga para pejabat lingkup pemerintah propinsi dan para anggota DPR RI, mantan Gubernur, Walikota dan Bupati serta para teladan mulai dari unsur pemerintah, anak sekolah dan lainnya.

parip-5

Andre Angouw dalam sambutannya menguraikan secara singkat perjalanan sejarah Sulawesi Utara hingga ditetapkannya hari ulang tahun Propinsi pada tanggal 23 september. Angouw mengatakan, melalui undang undang nomor 13 tahun 1964 pemerintah pusat menetapkan Sulawesi utara sebagai daerah otonom yang saat itu dibawah kepemimpinan gubernur Frits Tumbelaka, yang menjabat Gubernur sejak tahun 1962 hingga 1965.

parip-4

Selanjutnya Sulawesi Utara menurut ketua dewan dipimpin oleh Sunandar tahun 1965 – 1966, kemudian oleh Abdulah Amu 1966 – 1967, HV Worang tahun 1967. Selanjutnya Sulawesi Utara dipimpin oleh Welly Lasut, Harry Rustaman, GH Mantik, CJ Rantung, EE Mangindaan, AJ Sondakh, Sinyo H Sarundajang dan hingga kini Sulawesi Utara dipimpin oleh gubernur olly Dondokambey dan wakil Gubernur Steven Kandouw.

parip-3

Lanjut ketua Dewan mengatakan, keberhasilan Sulawesi utara juga tidak lepas dari peran serta para anggota dewan dalam menjalankan fungsi control, legislasi dan bugeting.

Sementara itu Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengajak seluruh elemen ang ada di daerah ini untuk bersama sama membawa Sulawesi Utara sebagai daerah penyumbang utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

parip-9

“Di era globalisasi berbagai kemajuan kita lakukan. Marilah kita jadikan sulwesi utara sebagai daerah utama penyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia,”ajak Dondokambey.

parip-6

Dibeberapa tempat lanjut Gubernur, Sulawesi Utara berkali kali mendapat pengakuan dari Presiden Jokowidodo, terutama di sector pariwisata. Rakyat Sulut kedepan mudamudahan bisa merasakan keuntungan dari sumber daya yang ada untuk peningkatan ekonomi.

Dikatakannya pula, secara umum pertumbuhan ekonomi di Sulawesi utara menunjukan peningkatan yang menggembirakan dimana pada triwulan kedua tahun 2016 terus menunjukan peningkatan. Pertumbuhan tersebut didukung oleh perkembangan usaha pertanian, konstruksi, perdagangan dan transportasi yang didalamnya terdapat transportasi pariwisata.

parip-1

Berkaitan dengan penilaian tata kelola keuangan menurut Gubernur, daerah ini mampu mendapat penilaian dengan predikat wajar tanpa pengecualian dari BPK RI.

parip-2

“Penilaian dari BPK RI dengan status wajar tanpa pengecualian membuktikan adanya sinergitas yang baik dikalangan pemerintah khususnya pengelolaan keuangan dan mudamudahan penilaian tersebut bisa berlanjut hingga tahun 2016 ini,”kata ODC.

parip-9

Disektor pendidikan menurut Gubernur, pemerintah telah menyalurkan berbagai bantuan bea siswa pendidikan mulai dari tingkat sekolah menengah atas SMA dan SMK, strata satu hingga strata tiga dan bantuan lainna bagi siswa yang berprestasi.

Usai membacakan sambutannya, Gubernur dan peserta rapat paripurna melakukan foto bersama.(advertorial/st)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed