Pemkot dan BPN Sosialisasikan UU Agraria

0
707

BPN 2

Tomohon, Bunaken.co.id –  Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Penyuluhan Hukum Pertanahan di Kota Tomohon yang dihadiri oleh Walikota Kota Tomohon Jimmy Eman.

Walikota dalam sambutannya mengatakan kebutuhan penguasaan dan penggunaan tanah pada umumnya sudah menjadi suatu kebutuhan dan kita pahami bersama bahwa tanah merupakan kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan manusia. Dalam praktek kehidupan sehari-hari menyangkut hak-hak atas tanah telah di atur sedemikian rupa menurut undang-undang pokok agraria yang diantaranya yaitu hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai dan hak pengelolaan yang Kesemuanya ini tentu harus memiliki landasan kepastian hukum yang kuat dan mengikat sehingga tidak terjadi permasalahan.

Lanjut Walikota, semua perangkat yang ada di kelurahan agar teliti dan berhati-hati dalam melayani proses pengukuran dan transaksi tanah yang ada di wilayah kerja masing-masing guna mencegah terjadinya gesekan dalam masyarakat. Apalagi bagi para Camat sebagai pejabat pembuat akta tanah agar tetap mengikuti prosedur dan aturan yang telah di tetapkan dalam undang-undang pokok agraria.

“Melalui penyuluhan pertanahan ini para camat dan lurah dapat mengerti aturan pertanahan nanti dan juga pamahaman secara komprehensif. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2004 tentang Penbangunan aatas Tanah.” Jelas Walikota Eman.

Sementara itu Asisten I Pemerintahan dan Kesra Dra Trusje Kaunang  menambahkan, bahwa pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2016 akan jatuh tempo pada bulan akhir September. Dengan demikian diharapkan seluruh camat dan lurah dapat  mengingatkan kepada masyarakat wajib pajak untuk segera melunasi kewajibannya guna menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) menunjang pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan di Kota Tomohon.

Kesempatan yang sama Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Kota Tomohon J Pandeiorot S.Pd MM dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman tentang undang-undang keagrariaan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Tomohon.(iskandar/st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here