Vicky-Mor Peluang Lolos Tanpa Sengketa

0
594

MANADO, Bunaken.co.id – Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado G.S. Vicky Lumentut dan Mor Dominus Bastiaan berpeluang lolos tanpa gugatan sengketa pilkada. Ini menyusul perolehan suara pasangan nomor tiga ini sudah meninggalkan dua pesaingnya yaitu Dr. Harley Mangindaan dan Jemmy Asiku dan Hanny Joost Pajouw, SE.Ak.ME dan Gregorius Tony Rawung, SE. Berdasarkan Undang-undang Pilkada Nomor 8 Tahun 2015, pasal 158 ayat (1) dan ayat (2) menyebutkan, pasangan calon boleh mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi jika selisih perolehan suara dengan pasangan lawannya berkisar 0,5 persen hingga dua persen.
Data sementara dari situs resmi KPU diperoleh, sudah 775 dari 811 TPS yang masuk. Pasangan Dr. Harley Mangindaan dan Jemmy Asiku meraih 58718 (32,39%) suara, pasangan G.S. Vicky Lumentut dan Mor Dominus Bastiaan memperoleh 64085 atau (35,35%) suara dan Hanny Joost Pajouw, SE Ak ME dan Gregorius Tony Rawung SE meraih 58474 atau (32,26%) suara.
Vicky-Mor unggul di Kecamatan Paal Dua, Singkil, Tikala, Wanea, Wenang. Data berdasar hasil formulir Model C1 yang telah ditetapkan KPPS dan belum bersifat final. Kesalahan yang terdapat pada formulir Model C1 diperbaiki saat rekapitulasi ditingkat PPS dan PPK.
Mengenai hal ini, Ketua KPU Manado Jusuf Wowor meminta masyarakat tetap tenang dan menunggu hasil pleno KPU. “Tunggu saja hasil yang akan ditetapkan nanti. Jangan termakan isu yang simpang siur,” tukasnya. (dix)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here